• TEKNIK PEMESINAN

    TUJUAN
    1. Melakukan pekerjaan sebagai Operator Mesin di bengkel mesin perkakas
    2. Melakukan pekerjaan Programer Mesin CNC
    3. Melakukan pekerjaan sebagai Operator mesin CNC
    4. Melakukan pekerjaan sebagai Drafter pada perencanaan produk Pemesinan
    5. Melakukan pekerjaan sebagai Welder pada pekerjaan las busur manual

    KOMPETENSI KEAHLIAN

    Gambar Teknik
    Pengenalan dan penggunaan perlatan serta kelengkapan gambar teknik  seperti penggaris, jangka, pensil, mal, penghapus, kertas.
    Pengenalan bentuk dan fungsi garis gambar yaitu garis kontinyu tebal, garis sumbu, garis ukuran, garis potongan, garis bntu, garis arsiran, garis benda yang tertutup.
    Pengenalan aturan kelengkapan informasi gambar teknik yaitu huruf gambar, etiket gambar.
    Gambar konstruksi geometris, jenis gmbar proyeksi, penyajian gambar proyeksi piktorial, pembuatan gambar proyeksi, pengenalan dan penyajian gambar proyeksi ortogonal.
    Pengenalan tanda dan letak hasil gambar potongan, penerapan gambar potongan, tanda ukuran dan peletakan ukuran gambar, dasar pemberian ukuran, sistem pemberian ukuran.

    Simulasi Digital
    Mengembangkan kemampuan siswa dalam ilmu Informasi Teknologi (IT) untuk berfikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam bekerja.

    Teknologi Mekanik
    Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L). Menjelaskan  pengetahuan bahan teknik. Menjelaskan  teknik pengujian logam (ferrous dan non ferrous). Menerapkan teknik penggunaan alat ukur. Menerapkan teknik penggunaan perkakas tangan. Menjelaskan teknik penanganan material. Menjelaskan macam-macam mesin tenaga fluida. Menjelaskan macam-macam sistem kontrol (mekanik, elektrik, pneumatik/elektro pneumatik dan hidrolik/elektro hidrolik). Menerapkan teknik pengerjaan logam.

    Kelistrikan Mesin dan konversi Energi
    Menguraikan prinsip arus, tegangan, tahanan dan daya pada kelistrikan.  Menjelaskan jenis, fungsi dan cara kerja alat ukur listrik dan elektronik. Menjelaskan hukum ohm dan hukum kirchof. Menguraikan rangkaian listrik arus searah (DC) dan arus bolak balik (AC). Menguraikan jenis, fungsi dan cara kerja komponen kelistrikan pada sistem kontrol mesin perkakas (transformator,tahanan, kapasitor, sensor, kontaktor, relay, motor, peralatan proteksi).   Menguraikan cara kerja motor bakar 2 langkah dan 4 langkah. Menguraikan konstruksi motor bakar 2 langkah dan 4 langkah. Menjelaskan cara kerja turbin air.   Menguraikan konstruksi turbin air. Mendeskripsikan arus, tegangan tahanan dan daya pada kelistrikan. Mendeskripsikan pengukuran besaran-besaran listrik (arus, tegangan, tahanan dan daya). Mengidentifikasi hukum ohm dan hukum kirchoff. Mendeskripsikan rangkaian listrik arus searah (DC) dan arus bolak balik (AC). Mendeskripsikan jenis, fungsi dan cara kerja komponen kelistrikan pada sistem kontrol mesin (transformator, tahanan,kapasitor, sensor, kontaktor, relay, motor, peralatan proteksi). Mendeskripsikan prinsip kerja motor bakar 2 langkah dan 4 langkah. Mendeskripsikan konstruksi motor bakar 2 langkah dan 4 langkah. Mendeskripsikan cara kerja turbin air. Mendeskripsikan konstruksi trubin air. Mendeskripsikan cara kerja generator.

    Mekanika Teknik dan Elemen Mesin
    Menjelaskan prinsip gaya, tegangan dan momen pada komponen mesin. Mengidentifikasi jenis dan fungsi sambungan, poros dan pasak, transmisi (pulley &belt, rantai, kopling, roda gigi). Menghitung macam-macam gaya, tegangan dan momen pada sambungan, poros, pasak, pully, belt, rantai, kopling dan roda gigi. Mendeskripsikan prinsip gaya, tegangan dan momen pada komponen mesin.

    Teknik Gambar Manufaktur
    Aturan teknik gambar mesin dan tanda penggerjaan yaitu toleransiLenier dan Geometri, suaian Sesak (press fit), Transisi (sliding fit) dan longgar  (running fit), Nilai kekasaran dan tanda pengerjaan, Simbol-simbol dan tanda pengerjaan pengelasan. Penggunaan aturan teknik gambar mesin dan tanda penggerjaan untuk membuat gambar detail komponen mesin.

    Konsep dasar dan penginstalan piranti sistem pendukung CAD (Hardware dan Software) serta penggunaankonsep dasar dan penginstalan piranti sistem pendukung CAD
    Sistem koordinat pada gambar CAD 2D: Sistem koordinatKartesian dan Polar. Pembuatan sistem koordinat pada gambar CAD 2D Penggunaanfungsiperintahdalamperangkat lunak CAD untuk membuat dan memodifikasi gambar CAD 2D.

    Fungsi perintah dalam perangkat lunak CAD untuk membuat dan memodifikasi gambar CAD 2D: Fungsi perintah menggambar dengan    CAD 2D antara lain pengenalan tool bar, Setting layer (jenis-jenis garis yang digunakan), Draw (perintah line, perintah circle, perintah rectangle, polygon, spline, arc, dll), Modify (trim, extend, offset, chamfer, fillet , copy, mirror,dll), Demension (linier, angular, radius, diameter, dll).

    Etiket gambar sesuai standar ISO pada gambar CAD 2D dengan ketentuan Penggunaan etiket gambar sesuai standar ISO, penyajianpenggunaan etiket gambar sesuai standar ISO
    Gambar detail komponen mesin dengan CAD 2D, fungsi perintah untuk membuat gambar proyeksi , fungsi perintah untuk membuat gambar potongan termasuk mebuat garis arsir, fungsi perintah untukpemberian ukuran, fungsi perintah pemberian toleransi dan suaian, fungsi perintahpemberian tanda pengerjaan dan nilai kekasaran permukaan, cara membuat gambar proyeksi,  gambar potongan dan pemberian ukuran, cara pemberian toleransi dan suaian, cara pemberian tanda pengerjaan dan nilai kekasaran permukaan, Penyajian gambar detail komponen mesin.

    Luas area gambar yaitu fungsi perintah untuk menghitung luas area gambar penyajian luas area gambar Output gambar CAD 2D yaitu fungsi perintah mengeluarkan (printout) gambar CAD 2D, pengeditan layar layout, perintah plot, penyajian output gambar CAD 2D.
    Konsep dasarpembuatan gambar assembly dengan CAD 2D, konsep dasar gambar assembly, penyajian gambar komponen part assembly, penyajian gambar assembly.
    Pembuatan part list dengan CAD 2D, fungsi perintah untuk membuat part list, penyajian pembuatan part list pada gambar assembly.

    Teknik Pemesinan Bubut
    Menjelaskan funfsi mesin bubut dan bagian-bagiannya, serta alat potong pada mesin bubut, menentukan parameter pemotongan pada mesin bubut dan melaksanakan Teknik pembubutan (pemilihan dan penetapan peralatan, pemasangan alat potong/pisau, pemasangan alat pencekam benda kerja, pemasangan alat bantu kerja, pemasangan benda kerja,  pengaturan parameter pemotongan, proses pemotongan/ langkah kerja), untuk pembubutan bidang muka (facing), lubang senter, lurus, bertingkat, champer, alur (luar dan dalam), tirus menggunakan eretan atas, lubang dan memperbesar dengan mata bor, ulir segitiga/segi empat tunggal (luar dan dalam), kartel , lurus dengan pencekam collet, tirus diantara dua sentar , ulir segi tiga/ segi empat majemuk (luar dan dalam), memperbesar lubang dengan pahat bubut dalam dan mereamer.

    Menjelaskan macam-macam dan fungsi alat potong mesin bubut (alat potong: pahat bubut/ mata bor/ reamer, senter bor/ countersing/ counterbor/ kartel, geometris pahat bubut, sudut potong pahat bubut, bahan alat potong), untuk pembubutan“kompleks”  : Tirus dengan tapper attachment, Ulir trapesium tunggal (luar dan dalam), Ulir cacing tunggal. Menentukan parameter pemotongan, melakukan proses pembubutan kompleks.

    Menjelaskan macam-macam dan fungsi alat potong mesin bubut (alat potong: pahat bubut/ mata bor/ reamer, senter bor/ countersing/ counterbor/ kartel, geometris pahat bubut, sudut potong pahat bubut, bahan alat potong), untuk pembubutan“kompleks”  :Eksentrik, Ulir trapesium majemuk (luar dan dalam), Ulir cacing majemuk (luar dan dalam). Menentukan parameter pemotongan dan melakukan proses pemebubutan kompleks.

    Teknik Pemesinan frais
    Menjelaskan mesin frais dan fungsinya (definisi mesin frais, macam-macam mesin frais, bagian-bagian utama mesin frais, perlengkapan mesin frais, alat bantu kerja dan dimensi mesin frais), macam-macam dan fungsi alat potong (alat potong/pisau frais, geometris pisau frais, sudut potong pisau frais, bahan pisau frais), menentukan parameter pemotongan frais (cutting speed, feeding, kecepatan putaran mesi frais/rpm, waktu pemesinan), Melakukan teknik pengefraisan (pemilihan dan penetapan peralatan, pemasangan alat potong/pisau, pemasangan alat pencekam benda kerja, pemasangan alat bantu kerja, pemasangan benda kerja,  pengaturan parameter pemotongan, proses pemotongan/ langkah kerja), untuk pengefraisan rata, sejajar dan siku, bertingkat, bidang miring, lubang senter, lubang dengan mata bor (tembus dan tidak tembus,  alur (tembus dan tidak tembus), pembagian bidang beraturan (pembagian langsung) dengan kepala pembagi, pembagian sudut beraturan (nilai derajat bulat/bukan desimal) dengan meja putar,mereamer, memperbesar lubang dengan pisau frais, alur bulan sabit, alur t, alur ekor burung , memotong, pembagian bidang beraturan (pembagian sederhana) dengan kepala pembagi, pembagian sudut beraturan (nilai derajat desimal) dengan meja putar, roda gigi lurus, gigi rack lurus.

    Menjelaskan macam-macam dan fungsi alat potong (alat potong/pisau frais, geometris pisau frais, sudut potong pisau frais, bahan pisau frais), untuk pengefraisan “kompleks”:Pembagian bidang beraturan (pembagian diferensial), Roda gigi helik, Batang rack miring. Menentukan parameter pemotongan dan melakukan proses pengefraisan kompleks.

    Menjelaskan macam-macam dan fungsi alat potong (alat potong/pisau frais, geometris pisau frais, sudut potong pisau frais, bahan pisau frais), untuk pengefraisan “kompleks”:Batang spiral (menggunakan roda gigi pengganti), Roda gigi payung, Roda gigi cacing. Menentukan parameter pemotongan, melakukan proses pemngefraisan kompleks.

    Teknik Pemesinan Gerinda
    Menjelaskan tentang mesin gerinda datar/survace grinding machine dan fungsinya:
    (definisi mesin gerinda datar, macam-macam mesin gerinda datar, bagian-bagian utama mesin gerinda datar, perlengkapan mesin gerinda datar, alat bantu kerja, parameter pemotongan dan dimensi mesin gerinda datar), untuk proses penggerindaan datar yang terdiri dari penggerindaanrata, sajajar dan siku, bertingkat, bidang miring. Melakukan proses penggerindaan rata, sejajar, dan siku.

    Menjelaskan tentang batu gerinda dan fungsinya (macam-macam batu gerinda, abrasive, perekat, struktur batu gerinda, penandaan batu gerinda, penajaman/pengasahan batu gerinda, balanching batu gerinda dan pemasangan batu gerinda), untuk proses penggerindaan datar, rata, sajajar dan siku, bertingkat, bidang miring.  Menerapkan penggunaan batu gerinda pada pekerjaan penggerindaan yang sesuai.

    Menjelaskan Mesin gerinda silinder/ cylindrical grinding dan fungsinya (definisi mesin gerinda silinder, macam-macam mesin gerinda silinder, bagian-bagian utama mesin gerinda silinder, perlengkapan mesin gerinda silinder, alat bantu kerja, parameter pemotongan dan dimensi mesin gerinda silinder), untuk proses penggerindaan silinder:batang spiral (menggunakan roda gigi pengganti), roda gigi payung, roda gigi cacing.

    Teknik Pemesinan CNC
    Menjelaskan Mesin bubut CNC dan fungsinya (definisi mesin bubut CNC, macam-macam mesin bubut CNC, bagian-bagian utama mesin bubut CNC, perlengkapan mesin bubut CNC, alat bantu kerja dan dimensi mesin bubut CNC), untuk pembubutan benda kerja dengan perintah gerakan:linier, radius, pengaluran, pengeboran, pereameran, penguliran. Menentukan parameter pemotongan pada mesin bubut CNC, memprogram dengan bahasa pemrograman CNC, input data pada mesin CNC, uji coba program, pemilihan alat potong dan eksekusi program pada benda kerja.

    Menjelskan tentang mesin frais CNC dan fungsinya (definisi mesin frais CNC, macam-macam mesin frais CNC, bagian-bagian utama mesin frais CNC, perlengkapan mesin frais CNC, alat bantu kerja dan dimensi mesin frais CNC), untuk pengefraisan benda kerja dengan perintah gerakan:linier, setengah lingkaran/radius, melingkar, drilling, boring, tapping, pengeboran dalam satu lingkaran sumbu, poket melingkar, poket segi empat. Menentukan parameter  pemotongan, menentukan alat potong, memprogram dengan bahasa pemrograman, uji coba program dan eksekusi program pada benda kerja.

    Prakriraan lulusan bisa bekerja antara lain di berbagai industri swasta dan BUMN.
    Pada industri dengan produk berupa barang, alat transportasi, makanan, tekstil, obat, energi dan sebagainya biasanya memiliki mesin perkakas untuk mendukung perbaikan mesin produksinya, misalnya:
    a.       Astra Group
    b.      Kubota
    c.       Paphros
    d.      Bitratex
    e.      Indonesia Power
    f.        PLN
    g.       KAI, dll

    GALERI FOTO

    Praktik pengoperasian mesin bubut

    Praktik pengoperasian mesin frais

    Praktik pengelasan

    Praktik penggunaan mesin gerinda potong

    Unit produksi jurusan TPM

    Praktik pembuatan komponen rakitan

    Powered by Blogger.