-->

  • KURIKULUM

    WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KURIKULUM

    Shofiana, S. Pd

    Tujuan pendidikan menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.


    TANGGUNG JAWAB
    Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah atas terlaksananya proses belajar mengajar dan peningkatan mutu pembelajaran.

    WEWENANG
    Menyelenggarakan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan di sekolah yang berkaitan dengan PBM.
    Mengusulkan staf urusan sesuai bidang penanganan kebutuhan kegiatan.

    TUGAS
    1. Menyusun Program kerja tahunan
    2. Merencana program peningkatan mutu pembelajaran dan mensosialisasikannya.
    3. Mengkoordinasikan pelaksanaannya Program pengajaran (Mingguan, Bulanan, Semester, Tahunan)
    4. Menyusun program penilaian hasil belajar berdasarkan standar penilaian
    5. Mengkoordinir penyusunan, review dan pengembangan kurikulum serta mensosialisasikannya.
    6. Mengkoordinir guru dalam pelaksanaan penyusunan perangkat pembelajaran berdasarkan standar isi dan standar proses.
    7. Mengkoordinir guru dalam penyusunan administrasi pelaksanaan evaluasi hasil belajar pada mata pelajaran yang diampu.
    8. Menyusun jadwal pembelajaran dan penggunaan ruang
    9. Mengawasi jalannya pelaksanaan pembelajaran
    10. Menysun kriteria kenaikan kelas dan kelulusan
    11. Mewakili madrasah dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kurikulum
    12. Mengkoordinir pelaksanaan penilaian hasil belajar ( UTS, UAS, UKK, UPK, UN) berdasarkan standar penilaian
    13. Melakukan evaluasi keterlaksanaan program kurikulum dan melaporkan kepada kepala sekolah      

    URUSAN PENGAJARAN
    Tanggung Jawab
    Bertanggung jawab kepada Kepala sekolah melalui wakil kepala sekolah bidang kurikulum atas terlaksananya proses belajar mengajar

    Wewenang
    Menyelenggarakan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan di sekolah yang berkaitan dengan PBM

    Tugas
    Menganalisis ketercapaian target kurikulum dan daya serap
    Menghitung intake siswa semua mapel
    Menyusun dan mereview buku administrasi kelas dan guru
    Menyerahkan daftar hadir siswa dan kemajuan materi (jurnal) setiap kelas untuk bulan yang akan datang dan mengumpulkan bulan lalu
    Menyusun program pengajaran
    Menyusun pembagian tugas guru
    Menyusun jadwal pelajaran
    Mengarahkan penyusunan Silabus dan RPP
    Memastikan KBM berjalan sesuai dengan jadwal pembelajaran
    Menyusun laporan berkala dan insidentil tentang kegiatan kurikuler
    Mendokumentasikan seluruh dokumentasi dan rekaman KBM

    URUSAN EVALUASI
    Tanggung Jawab
    Bertanggung jawab kepada Kepala sekolah melalui wakil kepala sekolah bidang kurikulum atas terlaksananya proses penilaian dan evaluasi

    Wewenang
    Menyelenggarakan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan di sekolah yang berkaitan dengan evaluasi.

    Tugas
    1. Menyusun jadwal evaluasi belajar
    2. Menyusun persiapan dan pelaksanaan UTS, US, UN, Try Out
    3. Mengkordinasi penyusunan KKM
    4. Menyusun kriteria kenaikan Kelas dan persyaratan kelulusan
    5. Memastikan pelaksanaan penilaian hasil belajar dalam bentuk ulangan harian, UTS, UAS, UKK, UPK, UN terselenggara sesuai dengan standar penilaian
    6. Mengumpulkan nilai hasil belajar seluruh mapel sebagai bahan program remidial dan pengayaan dari masing-masing guru
    7. Menyusun jadwal penerimaan Laporan Pendidikan Raport dan penerimaan STTB
    8. Membuat jadwal supervisi kelas


    URUSAN BAHAN AJAR
    Tanggung Jawab
    Bertanggung jawab kepada Kepala sekolah melalui wakil kepala sekolah bidang kurikulum atas terlaksananya proses pembelajaran dengan mamanfaatkan bahan ajar

    Wewenang
    Menyelenggarakan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan di sekolah yang berkaitan dengan bahan ajar.

    Tugas
    1. Memfasilitasi penulisan dan pengembangan mata pelajaran.
    2. Menyusun kebutuhan bahan ajar guru
    3. Memfasilitasi guru dalam pembuatan bahan ajar
    4. Memberi informasi kepada seluruh guru terkait dengan pembuatan bahan ajar
    5. Memastikan pelaksanaan pembelajaran sudah memanfaatkan bahan ajar
    6. Mengumpulkan bahan ajar yang disusun guru
    7. Mendokumentasikan bahan ajar yang disusun guru
    8. Mendokumentasikan kurikulum, penyesuaian kurikulum dan mata pelajaran yang telah baku


    URUSAN PERPUSTAKAAN
    Tanggung Jawab
    Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah melalui wakil kepala sekolah bidang kurikulum terhadap pelayanan perpustakaan kepada semua komponen.

    Wewenang
    Menyelenggarakan pelayanan perpustakaan terhadap semua komponen sekolah.

    Tugas
    Merencanakan pengadaan buku / bahan perpustakaan.
    Mengkoordinasikan kegiatan pelayanan perpustakaan.
    Merencanakan pengembangan perpustakaan.
    Mengkoordinasikan inventarisasi buku-buku perpustakaan.
    Menyusun program serta melaporkan kegiatan perpustakaan.

    URUSAN ICT
    Tanggung Jawab
    Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah melalui wakil kepala sekolah bidang kurikulum terhadap pelayanan pemanfaatan TIK.

    Wewenang
    Menyelenggarakan pelayanan ICT terhadap semua komponen sekolah.

    Tugas
    Merencanakan penggunaan software yang dimanfaatkan di ICT.
    Mengkoordinasikan kegiatan pelayanan ICT.
    Merencanakan pengembangan ICT.
    Mengkoordinasikan pemanfaatan ICT dalam penilaian.

    Menyusun program serta melaporkan kegiatan ICT.

    TUJUAN
    1. Mempersiapkan  siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan atau meluaskan pendidikan dasar.
    2. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitarnya.
    3. Meningkatkan kemampuan siswa untuk dapat mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian.
    4. Menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja dan mengembangkan sikap profesional.
    5. Terlaksananya pengembangan kurikulum secara bertahap
    6. Terlaksananya peningkatan pembinaan nilai-nilai moral dan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari
    7. Tercapainya perolehan nilai akademis siswa meningkat dari tahun ke tahun
    8. Meningkatkan prestasi akademik Peserta Didik dengan nilai rata-rata 7,5
    SASARAN / TARGET
    1. Meningkatkan rata-rata jumlah nilai ujian nasional untuk masing-masing kompetensi keahlian
    2. Seratus persen siswa mendapat sertifikat kompetensi
    3. Meningkatkan jumlah siswa yang diterima di Perguruan Tinggi
    4. Meningkatkan prestasi dan jumlah perolehan kejuaraan olimpiade dan LKS
    5. Kenaikan kelas sebesar 100%
    6. Meningkatkan pembelajaran di perpustakaan
    7. Meningkatkan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi.

    PROGRAM KERJA KURIKULUM
    Di dalam peraturan peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dinyatakan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada jenjang pendidikan Menengah dikembangkan oleh sekolah dan komite sekolah dengan berpedoman pada standar isi, standar kompetensi kelulusan serta panduan penyusunan kurikulum yang dibuat oleh BNSP dengan memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.

    Standar Isi adalah kriteria mengenai ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Ruang lingkup materi dirumuskan berdasarkan kriteria muatan wajib yang ditetapkan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, konsep keilmuan, dan karakteristik satuan pendidikan dan program pendidikan. Selanjutnya, tingkat kompetensi dirumuskan berdasarkan kriteria tingkat perkembangan peserta didik, kualifikasi  kompetensi Indonesia, dan penguasaan kompetensi yang berjenjang.

    Berdasarkan Tingkat Kompetensi tersebut ditetapkan Kompetensi yang bersifat generik yang selanjutnya digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan Kompetensi yang bersifat spesifik dan ruang lingkup materi untuk setiap muatan kurikulum. Secara hirarkis, kompetensi lulusan digunakan sebagai acuan untuk menetapkan Kompetensi yang bersifat generik pada tiap Tingkat Kompetensi. Kompetensi yang bersifat generik ini kemudian digunakan untuk menentukan kompetensi yang bersifat spesifik untuk tiap muatan kurikulum. Selanjutnya, Kompetensi dan ruang lingkup materi digunakan untuk menentukan Kompetensi Dasar pada pengembangan kurikulum satuan dan jenjang pendidikan. Kompetensi yang bersifat generik mencakup 3 (tiga) ranah yakni sikap, pengetahuan dan keterampilan. Ranah sikap dipilah menjadi sikap spiritual dan sikap sosial. Kompetensi yang bersifat generik terdiri atas 4 (empat) dimensi yang merepresentasikan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan.

    KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN
    Karakteristik pembelajaran pada setiap satuan pendidikan terkait erat pada standar kompetensi lulusan dan standar isi. Standar kompetensi lulusan memberikan kerangka konseptual tentang sasaran pembelajaran yang harus dicapai. Standar Isi memberikan kerangka konseptual tentang kegiatan belajar dan pembelajaran yang diturunkan dari tingkat kompetensi dan ruang lingkup materi.

    Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan, sasaran pembelajaran  mencakup pengembangan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dielaborasi untuk setiap satuan pendidikan.
    Proses pembelajaran sepenuhnya diarahkan pada pengembangan ketiga ranah tersebut secara utuh/holistik, artinya pengembangan ranah yang satu tidak bisa dipisahkan dengan ranah lainnya.Dengan demikian proses pembelajaran secara utuh melahirkan kualitas pribadi yang mencerminkan keutuhan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

    STRATEGI KURIKULUM
    Untuk keberhasilan proses pembelajaran maka dalam pelaksanaan program kurikulum telah disusun beberapa langkah strategi sebagai berikut:

    Strategi 1 Pengaturan Program Kerja
    Rincian Kegiatan:
    1. Penyusunan Kalender Pendidikan
    2. Perencanaan dan pembagian kelas
    3. Pembagian Tugas Mengajar
    4. Pembagian Tugas Tambahan
    5. Penyusunan Jadwal Mengajar
    6. Penyusunan program dan Perangkat Pembelajaran ( program tahunan, program semester, analisis KI-KD, penentuan KKM, silabus, RPP, pengayaan dan remidi, program penilaian)
    7. Menyiapkan absensi siswa yang dipegang oleh masing-masing guru bidang studi
    8. Menyiapkan jurnal kelas
    9. Menyiapkan daftar nilai masing-masing guru bidang studi


    Strategi 2 Program Kegiatan Belajar Mengajar
    Rincian Kegiatan:
    1. Menyediakan silabus untuk setiap guru bidang studi
    2. Menyiapkan format pembelajaran yang dibutuhkan Guru Mata Pelajaran
    3. Menyusun buku KTSP
    4. Menyusun keseragaman kerangka program KTSP
    5. Pengaktifan SIM ( sistem Informasi manajemen)
    6. Pelaksanaan monitoring kegiatan belajar mengajar
    7. Mengoptimalkan tugas guru piket
    8. Memberikan laporan kepada Kepala Sekolah tentang pelaksanaan KBM selama satu minggu
    9. Mengadakan rapat evaluasi pelaksanaan KBM
    10. Perencanaan supervisi kelas oleh kepala sekolah
    11. Membantu guru dalam mengatasi hambatan dalam KBM


    Strategi 3 Evaluasi dan Pelaporan
    1. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran ( ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester, try out, ujian sekolah, ujian nasional)
    2. Pembuatan rekapitulasi hasil evaluasi pembelajaran ( ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester)
    3. Membantu Kepala Sekolah mengawasi wali kelas dalam mengisi buku raport
    4. Menghitung target kurikulum dan taraf serap masing-masing kelas pada setiap mata  pelajaran
    5. Mendampingi Kepala Sekolah dalam mengawasi pembagian buku raport
    6. Mendampingi Kepala Sekolah dalam rapat penentuan kenaikan kelas dan kelulusan
    7. Penyerahan LHBS, SHUN dan STTB
    8. Penyimpanan LHBS dalam bentuk soft file
    9. Membantu Kepala Sekolah dalam pembuatan laporan peneyelenggaraan UN
    10. Pembuatan data NUN input dan output
    11. Membantu Kepala Sekolah dalam mengevaluasi kegiatan selama satu tahun


    Strategi 4 Perpustakaan dan Laboratorium
    Rincian Kegiatan:
    1. Pengadaan buku penunjang guru
    2. Pendataan kebutuhan buku
    3. Merencana kebutuhan buku
    4. Mengusulkan kepada tim belanja untuk pembelian buku
    5. Menginventarisir buku
    6. Pengadaan media pembelajaran untuk masing-masing bidang studi
    7. Pendataan media pembelajaran yang diperlukan
    8. Perencanaan kebutuhan bahan
    9. Mengusulkan kepada tim belanja untuk pembelian bahan
    10. Pembuatan media pembelajaran
    11. Pengadaan bahan / alat praktikum untuk lab IPA
    12. Pendataan kebutuhan bahan / alat
    13. Merencana kebutuhan bahan / alat
    14. Mengusulkan kepada tim belanja untuk pembelian bahan / alat
    15. Menginventarisir alat


    Strategi 5 Pemanfaatan ICT
    1. Pemanfaatan teknologi internet dalam wujud SIM ( sistem informatika managemen) untuk penilaian hasil belajar dan pencetakan laporan hasil belajar siswa (LHBS)
    2. Mendorong guru untuk memanfaat IT untuk pembelajaran
    3. Menyediakan fasilitas media pembelajaran IT bagi guru
    4. Mendorong siswa untuk memanfaatkan internet dalam pembelajaran
    Struktur Organisasi bagian Kurikulum




    KALENDER PENDIDIKAN SMK NEGERI 4 SEMARANG
    TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    SEMESTER GASAL

    NO
    TANGGAL
    KEGIATAN
    PELAKSANAAN
    1
    14 Juli 2016
    Rapat Dinas Semester Gasal
    Guru dan Karyawan
    2
    15 – 17 Juli 2016
    IHT Penyusunan perangkat pembelajaran
    Semua Guru
    3
    18 Juli 2016
    Permulaan Tahun Ajaran 2016/2017
    Semua Guru
    4
    18 – 20 Juli 2016
    Hari pertama masuk (kegiatan MPLS)
    Bidang Kesiswaan
    5
    18 Juli – 5 Desember
    2016
    Hari Belajar Efektif
    Guru dan Karyawan
    6
    18 Juli – 5 Desember
    2016
    MGMP semua Mata Pelajaran
    Semua Guru
    7
    22 Juli 2016
    Batas akhir penyerahan perangkat pembelajaran
    Bidang Kurikulum, Semua Guru
    8
    17 Agustus 2016
    Upacara Peringatan Kemerdekaan RI
    Bidang Kesiswaan
    9
    22 – 26 Agustus 2016
    Entry data siswa
    Bidang Kurikulum, walikelas
    10
    5 September 2016
    Batas akhir naskah soal Mid Semester Gasal
    Bidang Kurikulum, Semua Guru
    11
    12 September 2016
    Libur Hari Raya Idul Adha 1437 H

    12
    19 – 23 September 2016
    Kegiatan Mid Semester Gasal
    Bidang Kurikulum, Semua Guru
    13
    26 – 28 September 2016
    Entry nilai Mid Semester  Gasal
    Bidang Kurikulum, ICT, Semua Guru
    14
    26 – 29 September 2016
    Kegiatan Jeda mid Semester ganjil
    Bidang Kesiswaan
    15
    29 September 2016
    Cetak Raport Mid Semester  Gasal
    Bidang kurikulum , ICT, walikelas
    16
    30 September 2016
    Pembagian Laporan Hasil Belajar Mid Semester  Gasal
    Bidang kurikulum , walikelas
    17
    1 Oktober 2016
    Upacara Hari Kesaktian Pancasila
    Bidang Kesiswaan
    18
    2 Oktober 2016
    Tahun baru  Hijriyah 1438 H

    19
    3 – 14  Oktober 2016
    Supervisi
    Semua Guru
    20
    28 Oktober 2016
    Upacara Hari Sumpah Pemuda
    Bidang Kesiswaan
    21
    10 November 2016
    Upacara Peringatan Hari Pahlawan
    Bidang Kesiswaan
    22
    18 November 2016
    Batas akhir naskah Soal UAS  Gasal
    Bidang Kurikulum, Semua Guru
    23
    5 – 9 Desember 2016
    Ulangan Akhir Semester  Gasal
    Bidang kurikulum, Panitia  UAS
    24
    7 – 13 Desember 2016
    Ulangan susulan
    Bidang kurikulum, Panitia  UAS
    25
    7 – 13 Desember 2016
    Entry Nilai UAS  Gasal
    Bidang Kurikulum, Semua Guru
    26
    12 Desember 2016
    Peringatan Maulid Nabi SAW 1438 H

    27
    14 – 15 Desember 2016
    Cetak Raport UAS  Gasal
    Bidang kurikulum , ICT, walikelas
    28
    16 Desember 2016
    Pembagian Raport Semester  Gasal
    Bidang kurikulum , walikelas
    29
    19 – 31 Desember 2016
    Libur Akhir Semester  Gasal

    30
    25 Desember 2016
    Libur Hari Natal


    SEMESTER GENAP

    NO
    TANGGAL
    KEGIATAN
    PELAKSANA
    1
    1 Januari 2017
    Libur Tahun Baru 2017

    2
    2 Januari 2017
    Awal KBM Semester Genap
    Semua Guru

    2 Januari – 5 Juni 2017
    Hari Belajar Efektif
    Guru dan Karyawan
    3
    6 Januari 2017
    Batas akhir penyerahan soal TO 1
    Guru INDOMI
    4
    9 – 12 Januari 2017
    Penggandaan naskah soal TO 1

    Bidang kurikulum , ICT, Guru INDOMI
    5
    11 – 14  Januari 2017
    Foto ijazah siswa kelas XII
    Bidang kurikulum , panitia ujian
    6
    16 – 19  Januari 2017
    Try Out 1 (TO 1)
    Bidang kurikulum , panitia UN/US
    7
    22 Januari – 3 Februari 2017
    Supervisi
    Semua Guru
    8
    25 Januari 2017
    Cetak laporan TO 1
    Bidang kurikulum , ICT
    9
    27 Januari 2017
    Laporan hasil TO 1 kepada walimurid
    Bidang kurikulum , walikelas
    10
    28 Januari 2017
    Libur Imlek 2568

    11
    3 Februari 2017
    Batas akhir Soal Ujian Sekolah
     Guru Mapel
    12
    3 Februari 2017
    Batas akhir soal TO 2
    Guru INDOMI
    13
    6 – 8 Februari 2017
    Penggandaan naskah soal TO 2
    Kurikulum, guru mapel
    14
    13 – 16 Februari 2017
    Try Out 2 (TO 2)
    Bidang kurikulum , panitia UN/US
    15
    14 – 17  Februari 2017
    Pengolahan nilai TO 2
    Kurikulum, ICT
    16
    20  Februari 2017
    Cetak laporan nilai TO 2
    Bidang kurikulum , ICT
    17
    20 – 24  Februari 2017
    Uji Kompetensi Keahlian dan ujian Praktek OR, Agama
    masing-masing KK, guru OR dan guru Agama
    18
    21  Februari 2017
    Laporan hasil TO 2 kepada walimurid
    Bidang kurikulum , walikelas
    19
    3 – 6 Maret  2017
    Try Out 3 (Kota)
    Bidang kurikulum , panitia UN/US
    20
    4 – 7 Maret  2017
    Pengolahan nilai TO 3
    Kurikulum, ICT
    21
    7 Maret 2017
    Cetak laporan nilai TO 3
    Kurikulum, ICT
    22
    10 Maret 2017
    Laporan hasil TO 3 kepada walimurid
    Bidang kurikulum , walikelas
    23
    6 – 10 Maret 2017
    Kegiatan Mid Semester Genap
    Guru Mapel
    24
    13 – 16 Maret 2017
    Pengolahan nilai mid semester
    Guru mapel
    25
    13 – 16 Maret 2017
    Kegiatan Jeda mid Semester genap
    Kesiswaan
    26
    15 – 16 Maret 2017
    Cetak Raport Mid Semester Genap
    Bidang kurikulum , ICT
    27
    17 Maret 2017
    Laporan Mid Semester  Genap
    Bidang kurikulum , walikelas
    28
    13 – 22 Maret 2017
    Ujian Sekolah ( Utama)
    Panitia UN/US
    29
    23 - 24 Maret 2017
    Koreksi Ujian Sekolah
    ICT
    30
    23 – 27 Maret 2017
    Ujian Sekolah ( susulan)
    Panitia UN/US
    31
    23 Maret – 31 Maret 2017
    Pemadatan INDOMI
    Guru INDOMI
    32
    28 Maret 2017
    Libur Nyepi

    33
    36  April 2017
    Perkiraan Ujian Nasional
    Panitia UN/US

    3 – 7 April  2017
    Entry Nilai Ujian Sekolah ke biosistem
    Bidang kurikulum , panitia UN/US
    34
    17 – 20 April 2017
    Perkiraan Ujian Nasional Susulan
    Panitia UN/US
    35
    14 April 2017
    Libur wafat Isa Almasih

    36
    21 April 2017
    Upacara Peringatan Hari Kartini
    Bidang Kesiswaan
    37
    24 April 2017
    Libur Isra Miraj

    38
    1 Mei 2017
    Libur Hari Buruh Internasional

    39
    2 Mei 2017
    Mengikuti Upacara hari Pendidikan Nasional
    Bidang Kesiswaan
    40
    2 Mei 2017
    Perkiraan Pengumuman kelulusan
    Bidang kurikulum, Walikelas, K3
    41
    10 Mei 2017
    Perkiraan Rapat Verifikasi Kelulusan
    Bidang kurikulum, Walikelas, K3, BK
    42
    11 Mei 2017
    Perkiraan Rapat Pleno Kelulusan
    Kepala Sekolah, bidang kurikulum dan semua guru
    43
    11 Mei 2017
    Libur Waisak

    44
    15  Mei 2017
    Batas Akhir  naskah Soal UAS  Genap
    Bidang kurikulum, Guru Mapel
    45
    20 Mei 2017
    Upacara Hari Kebangkitan Nasional
    Bidang Kesiswaan
    46
    22 – 29  Mei 2017
    Penggandaan naskah UAS
    Bidang kurikulum, Guru Mapel
    47
    25 Mei 2017
    Libur Kenaikan Isa Almasih

    48
    26 Mei 2017
    Libur Awal Romadhon 1438 H

    49
    5 – 9 Juni 2017
    Ulangan Akhir Semester  Genap / Kenaikan Kelas
    Bidang kurikulum, Panitia UAS
    50
    6 – 12 Juni 2017
    Pengolahan nilai Semester  Genap
    Bidang kurikulum, Guru Mapel
    51
    12 Juni 2017
    Cetak Legger Sementara
    Bidang kurikulum , ICT
    52
    12 Juni 2017
    Verifikasi nilai
    Bidang kurikulum,  Walikelas, K3, BK
    53
    13 Juni 2017
    Cetak Legger tetap
    Bidang kurikulum , ICT
    54
    13 Juni 2017
    Rapat Pleno Kenaikan kelas
    Kepala Sekolah, bidang kurikulum, BK dan semua guru
    55
    14 – 15 Juni
    Cetak raport semester genap
    Bidang kurikulum , ICT
    56
    16 Juni 2017
    Penyerahan Buku laporan Hasil Belajar Semester  Genap
    Bidang kurikulum, Walikelas
    57
    19 – 21 Juni 2016
    Rencana IHT
    Kepala Sekolah, bidang kurikulum, dan semua guru
    58
    19 Juni  - 14 Juli 2017
    Libur Akhir Tahun Pelajaran 2016/2017

    59
    26 – 27 juni 2017
    Libur idul fitri 1438 H

    60
    1 – 8 Juli 2016
    Perkiraan PPDB
    Bidang Kesiswaan
    61
    10 – 14 Juli 2016
    Libur semester Genap

    62
    17 Juli 2017
    Permulaan Tahun Ajaran 2017/2018
    Semua Guru

    Sosialisasi penilaian  hasil belajar peserta didik terbaru terhadap guru 
    Sosialisasi penilaian  hasil belajar peserta didik terbaru terhadap guru

    Pelaksanaan cap 3 jari  ijazah oleh panitia

    Pelaksanaan cap 3 jari  ijazah oleh panitia

    Pelaksanaan cap 3 jari  ijazah oleh panitia

    Sosialisasi penulisan ijazah

    Penyusunan KTSP bersama Ketua Kompetensi Keahlian

    Kegiatan supervisi pembelajaran guru2 SMK Negeri 4 Semarang

    Kegiatan akreditasi jurusan

    Penyusunan perangkat pembelajaran secara tim
    Pelaksanaan IHT









    Powered by Blogger.