SMKN 4 Semarang adakan Workshop Rencana Tindak Lanjut bersama BBPPMPV BMTI


Bertempat di Aula SMKN 4 Semarang jalan Pandanaran 2 No 7 Kota Semarang, Hari Kamis 21 September 2023 Pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Kegiatan workhop Rencana Tindak Lanjut ini merupakan salahsatu rangkaian kegiatan non fisik dari program SMK Pemadanan Reguler Lanjutan. SMKN 4 Semarang pada tahun ini mendapat kehormatan sebagai salahsatu SMK yang terpilih dalam program Sekolah Pusat Keunggulam memasuki tahun ke 4 berawal dari SMK COE,SMK Pusat Keunggulan ,SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan, SMK Pusat Keunggulan Skema Reguler Lanjutan dan SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Tahap III.

Dalam Workshop ini menampilkan diseminasi dan RTL dari para guru SMKN 4 Semarang yang telah melaksananan Diklat dibalai besar dan sebagai followup kegiatan tersebut adalah mengimbaskan ilmu pengetahuan, ketrampilan sikap kerja dan budaya industry kepada rekan rekan guru di sekolah. Adapun kegiatan ini mengundang narasumber dari BBPPMPV BMTI Cimahi Bandung sebagai Balai Besar dengan binaan program keahlian Teknik Mesin yaitu Widhiyanto, ST,MT selaku Wisyaswara Ahli Madya  dan Ainur Rojik,S.Pd,M.Eng selaku Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi  Jawa Tengah juga guru yang melaksanakan RTL yaitu Ahmad Saifudin Guru Teknik Mesin dengan Diklat di BBPPMPV BOE Malang, Nenden Oktafia,S.Kom diklat pada BPPMPV KPTK Makasar, Emi Nurkholif diklat di Pusat Belajar SMKN 1 Bawang Banjarnegara bekerjasama dengan BBPPMPV BMTI Cimahi Bandung. Dalam Kegiatan tersebut 3 Guru SMKN 4 Semarang memaparkan hasil diklat dari ketiga balai tersebut dan mengimbaskan kepada rekan rekan di SMKN 4 Semarang.

Drs.Bambang Sujatmiko,M.Si selaku kepala SMKN 4 Semarang dalam sambutannya mendorong guru guru untuk selalu mengupdate skill dan mengimbaskan kepada rekan guru disekolah asal, Dalam kesempatan ini juga Kabid Dinprov Jateng Ainur Rojik,S.Pd.,M.Eng mengungkapkan dalam paparannya adalah bukti nyata dari usaha peningkatan kompetensi guru adalah selalu meningkatkan kemampuan keprofesionalan seorang guru, meningkatkan 4 kompetensi guru dan tidak melupakan tugas utama seorang guru adalah mengantarkan murid mencapai cita-cita dan mencapai kesejahteraan setinggin-tingginya. Dengan tidak melupakan penekanan pada pembentukan karakter murid yang berkarakter Profil Pelajar Pancasila, membekali murid dengan kecakapan abad 21 dan memberikan bekal kepada murid sehingga tangguh dalam menghadapi kehidupannya dimasa yang akan datang, beliau juga menambahkan bahwa pengimbasan hasil diklat para guru yang telah selesai melaksanakan diklat merupakan aktifitas wajib yang harus dialkukan guru setelah selesai melaksanakan diklat sehingga penyebaran ilmu tidak berhenti dan dapat membantu percepatan kemampuan professional, pedagogic guru dalam menjalankan tugas sebagai pendidik di kelas. Ilmu tidak berhenti disatu titik tetapi mengimbas ke sagala titik dan berkolaborasi melaksanakan pembelajaran yang lebih berkualitas sebagai kewajiban seorang pendidik yaitu mencerdaskan murid . menciptakan murid yang berkarakter demi mutu pendidikan di SMK pada umumnya serta mengimbaskan ke sekolah sekolah lain disekitar SMKN 4 Semarang sebagai pusat keunggulan sehingga dapat merangkul sekolah sekitar agar maju bersama dan sukses bersama.

Baca juga di :
https://cabdin1.com
Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom

0 Comments