NOV 2022 Workshop Perencanaan Berbasis Data Bangkitkan Validitas dan Konsistensi Informasi



Bertempat di Aula SMKN 4 Semarang  tanggal 23  November 2022 pukul 08.00 sampai dengan 13.00 dengan peserta 40 guru SMKN 4 Semarang dalam rangkaian acara Sekolah PK Pemadanan 2022.

Kepala SMKN 4 Semarang Drs.Bambang Sujatmiko, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang menitik beratkan data dalam setiap perencanaan sehingga dengan adanya data validitas dan reliabilitas rencana terjamin.

Hadir sebagai nara sumber adalah Drs.Budi Prasetya,M.Si (Polines) dan Dr.Ahlis Qoidah Nur,M.Pd (Pengawas Pembina mewakili Kacabdinwil 1 Propinsi Jawa Tengah). Dengan mengusung tema Perencanaan Berbasis Data dalam Pemanfaatan Profil Pendidikan untuk Peningkatan Mutu Pendidikan.Mengacu pada Visi Pendidikan Indonesia 2035 dengan sasaran SDM Unggul  dengan Perencanaan berbasis data dengan memanfaatkan Profil Pendidikan sebagai dasar penyusunan perencanaan untuk perbaikan secara berkesinambungan.

Dengan berdasarkan Merdeka Belajar agar menstranferkan sekolah-sekolah untuk mencapai  peningkatan mutu pembelajaran melalui transformasi praktik  mengajar di ruang kelas dan pendekatan alternative yang mendorong perubahan praktik konvensional yang ada saat ini.

Data dalam Rapor Mutu Pendidikan Satuan Pendidikan merupakan dasar dalam perencanaan berkelanjutan adapun profil pendidikan tersebut disusun berdasarkan  kerangka penilaian yang dikembangkan dari model input, proses dan output tentang kinerja atau efektifitas sekolah.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah indicator sekolah yang baik adalah proses pembelajarannya berkualitas, guru-guru secara konsisten melakukan refleksi dan  program yang berfokus pada kualitas pembelajaran, iklim sekolah yang aman, iklim sekolah yang inklusif, kompetensi guru dalam menguasai keterampilan pedagogic materi  ajar dan cara mengajarkan materi, latar belakang social ekonomi siswa kondusif.

Baca juga di :
https://cabdindikwil1.com/category/berita/            
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita
Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubin SMKN 4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom 


0 Comments