OCT 2022 ”Hidup Dan Waras” dalam Penguatan Karakter berbasis Growth Mindset SMKN 4 Semarang



Berlangsung pada hari Rabu Tanggal 11 Oktober 2022 di Aula SMKN 4 Semarang pukul 08.00 sd 13.00 WIB. Kegiatan nonfisik SMK Pemadanan untuk peningkatan kualitas SDM SMKN 4 Semarang dalam rangkaian kegiatan Penguatan Karakter berlangsung sangat menarik dan menyenangkan.

Nara Sumber yang sangat berpengalaman di bidang motivator dan juga ahli Psikologi yang sangat berpengalaman dan banyak instansi pemerintah maupun perusahaan besar  yang menggunakan talenta Sukmayanti Ranadireksa M.Psi atau dikenal dengan Teteh Anti yang sekarang menjabat sebagai Direktur Utama Prakarsa Utama Prakarsa Daya Motekar dan juga bergabung di Dyandra Academy sebagai motivator program CEO Kepala Sekolah SMK Pusat Keunggulan.

40 peserta workshop yang terdiri dari guru SMKN 4 Semarang “ Penguatan Karakter Berbasis Mindset Change Growth Mindset” sangat menikmati kegiatan yang sangat interaltif antara lain bagaimana mengubah fixed mindset menjadi growth mindset, dengan mengajak guru mengelola siswa sebagai seorang pribadi yang mempunyai potensi unggul dan harus dimunculkan potensi tersebut dengan mengangkat dan menempatkan siswa tersebut sebagai pribadi yang baik. Paradigma bahwa kapasitas seseorang tetap dan terbatas (fixed mindset) harus diubah menjadi kemampuan seseorang dapat dikembangkan (growth mindset). Memunculkan potensi diri yang saat ini kadang terhalang dengan mental blok atau keyakinan yang menghambat sesorang dalam memunculkan potensinya, sehingga berpengaruh pada tingkat laku yang tidak produktif. Dengan merubah kebiasaan reaksi negative seperti membuat alasan, selalu menolak/defensive sebuah tantangan, suka mengeluh, selalu menyalahkan atau mencari kambing hitam harus segera diganti dengan reaksi positif antara lain saya dapat melakukannya, saya yakin saya akan sempurna mengerjakannya, ini tugas saya, semua akan ada pemecahan, kalimat posiitif yang membangkitkan kepercayaan diri menjadi sebuah power untuk bergerak.

Dengan mengembangkan diri tidak lagi menjadi diri sendiri (Be Your Self) tetapi menjadi versi diri terbaik (The Best Version of You) menjadi pedoman atau keyword untuk mejadi lebih baik. Dengan melakukan kegiatan mengenal diri, menerima diri, mengelola diri dan mengembangkan diri.

Untuk berproses membutuhkan keberanian seperti kalimat bijak Benjamin Barber “ Aku tidak membagi dunia pada lemah dan kuat atau sukses dan gagal, tetapi aku membagi dunia pada pembelajar dan bukan pembelajar.




0 Comments