In House Training Penyusunan Kurikulum Merdeka SMKN 4 Semarang


Dalam rangka penyusunan  Kurikulum Merdeka maka SMKN 4 Semarang menyelenggarakan In House Training kegiatan yang berlangsung  dari hari rabu sd jumat tanggal 8 sd 10 Juni 2022 berlangsung di Aula SMKN 4 Semarang berlangsung mulai pukul 09.00 sd 15.30 WIB. Kegiatan yang dikoordinir Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Koman Wastito Edi Wibowo,S.Pd,M.Si menyatakan kegiatan berlangsung secara Luring dan Daring, Untuk Acara Luring bertempat di Aula Utama SMKN 4 Semarang sedangkan secara daring berlangsung di laboratorium Multimedia 1 dan Multimedia 2 SMKN 4 Semarang. Peserta IHT adalah semua dewan guru SMKN 4 Semarang.

Hari pertama IHT adalah Sinkronisasi Kurikulum dengan mitraindustri pasangan SMKN 4 Semarang antara lain: Mayrosi Wahyu Aji S.Ars (Alumni  SMKN 4 Semarang dan Owner CV Mimar Rancang Bangun, Dani Setiawan (PT Panasonic Gobel Indonesia), Ariesta Adhitama,S.T ( CV Ariesta Adhitama Engineering), Rudi Setiawan,ST,MT (CV Lulus Jaya Powerindo), Alfasian Bayuaji H,ST (Alumni SMKN 4 Semarang dan Owner PT Nerangi Sarana Karya), Munif ( Alumni SMKN 4 Semarang dan HRD PT Sun Star Motor) Ajeng Deasy Kurniasari,SS ( CV Ayodya Production), Dhani Puji Iswanto ( RANS Animation Studio Semarang).

Sinkronisasi kurikulum dengan industry berisi tentang materi atau kompetensi dasar serta capaian pembelajaran yang dibutuhkan di dunia industry dimasukkan kedalam kurikulum merdeka belajar. Hal ini Bertujuan untuk mensinkronkan kualitas lulusan berstandar industry baik dari segi softskill maupun hardskill. Penguasaan ketrampilan, pengetahuan dan sikap serta budaya kerja industry merupakan modal dasar yang harus dimiliki lulusan SMK era revolusi industry 4.0 menuju revolusi industry 5.0 . Transfer teknologi juga sangat penting selain dunia industry SMKN 4 Semarang juga menggandeng perguruan tinggi negeri dan swasta antara lain UNNES,Polines,USM,IVET,UNW,UDINUS dalam  menerapkan merdeka belajar.

Baca juga di :
https://cabdindikwil1.com/category/berita/            
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubin SMKN 4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom 

0 Comments