360 siswa SMKN 4 Semarang ikuti Pembekalan PKL secara Luring dan Daring



Selasa dan Rabu tanggal 21 dan 22 Juni 2022 bertempat di Aula SMKN 4 Semarang pukul 07.30 sampai dengan 10.00 WIB  telah berlangsung kegiatan Pembekalan Siswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) tahap 2 Periode Juli 2022 sampai dengan Desember 2022.

Kegiatan Pembekalan ini bertujuan memberikan pembekalan baik secara teknik maupun non teknis dengan membekali siswa agar tumbuh percaya diri, mental kuat serta pengenalan budaya industri. Masa PKL minimal 6 Bulan merupakan babak baru bagi siswa agar lebih memahami dunia kerja yang akan mereka hadapi, mengkritisi tentang industri sesuai dengan kompetensi keahlian dan memahami sikap serta budaya kerja di dunia Industri yang sebenarnya.

Kegiatan diikuti oleh 360 siswa dari 10 kelas XII pada  9 Kompetensi keahlian yaitu Teknik Elektronika Industri,Teknik Audio Video,Multimedia(DKV), Animasi, Teknik Pemesinan,Teknik Instalasi tenaga Listrik, Teknik Bisnis Sepeda Motor, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Desain Permodelan dan Informasi Bangunan.

Dalam kegiatan ini berlangsung secara daring dan luring dengan mendatangkan 4 industri sebagai nara sumber yaitu PT KAI Indonesia diwakili oleh Krisbiyantoro selaku Manager Humas Daerah ,PT Sun Star Motor diwakili oleh Muhamad Munif selaku Manager Servis ,CV Nerangi Sarana Karya  oleh Alfasian Bayu A selaku Owner , CV Lulus Jaya Powerindo oleh Rudi Setiawan,ST,MT selaku Owner.

Dalam sambutannya Kepala SMKN 4 Semarang Drs. Bambang Sujatmiko,M.Si menjelaskan tentang kewajiban yang harus dijalankan siswa saat melaksanakan PKL sebagai pembelajaran di industri secara nyata, agar selalu mematuhi peraturan industri, disipilin serta menerapkan budaya industri, menjaga sikap dan nama baik sekolah, keluarga dan diri sendiri, serta PKL sebagai wadah peningkatan attitude maupun kompetensi sesuai  program keahlian masing-masing. Penjelasan teknik serta administrasi maupun persyaratan sebelum, selama dan sesudah PKL dijelaskan oleh Ice Faulia,S.Pd,M.Si selaku Waka Humas dan Hubin SMKN 4 Semarang mencakup materi persyaratan PKL maupun sistem penilaian di Industri juga membahas pembuatan Laporan setelah melaksanakan PKL.

Baca juga di :
https://cabdindikwil1.com/category/berita/            
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubin SMKN 4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom 

0 Comments