Diklat Kewirausahaan Berbasis Klaster Bidang Kelistrikan Kolaborasi DISPORAPAR, SMKN 4 Semarang dan CV Mitra Perkasa


Merujuk pada keputusan  Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata nomor 427/387 Tahun 2022 sejumlah Guru di SMKN 4 Semarang mendapatkan tugas sebagai nara sumber dan instruktur dalam kegiatan Peningkatan/Pengembangan Kewirausahaan Pemuda Berbasis Klaster Pelatihan Bidang Kelistrikkan Tahun 2022 yang berlangsung mulai tanggal 15 februari sampai dengan 17 februari 2022.

Dalam kegiatan ini terdapat 4 narasumber dan 10 instruktur yang mendapat tugas  memberikan materi pelatihan  kepada peserta serta memberikan praktek kepada peserta diklat.

Acara Pembukaan yang berlangsung di Hotel Grasia dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DISPORAPAR) Jateng, Sinoeng Nugroho Rahmadi, Peserta diklat berjumlah 100 peserta. Dalam pembukaan beliau menyatakan  kegiatan ini berdasar pada  UU No.10 Tahun 1950, UU No 40 Tahun 2009,UU N0.23 Tahun 2014. Program Kerja Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata tentang Latihan Kewirausahaan Bidang Kelistrikkan. Tujuan kegiatan ini antara lain: menumbuhkan jiwa kewirausahaan, peluang kerja guna pengentasan kemiskinan, kepedulian pemuda serta wirausaha tidak hanya sekedar produk tetapi juga jasa. Acara ini merupakan usulan dari Komisi E, bekerjasama dengan CV Mitra Perkasa, SMKN 4 Semarang sedangkan sumber dana berasal dari APDD 2022.

Agenda kegiatan selasa 15 Februari 2022 antara lain: pendaftaran peserta, pretest, paparan materi 1 berisi tentang mengenal komponen dan alat ukur yang digunakan dalam instalasi listrik rumah tangga, dilanjut paparan materi 2 tentang merencanakan instalasi penerangan listrik rumah tangga, kemudian materi 3 yaitu membuat diagram kerja instalasi penerapan listrik rumah tangga, paparan materi 4 yaitu memasang instalasi penerangan listrik runah tangga, pada hari pertama acara berlangsung di Hotel Grasia.

Agenda kegiatan Rabu 16 Februari 2022 antara lain:  Praktek Instalasi Listrik yang berlangsung di SMKN 4 Semarang. Agenda kegiatan Kamis, 17 Februari 2022 antara lain posttest serta penutupan.


Baca juga di :

https://cabdindikwil1.com/category/berita/            
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN 4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom

0 Comments