105 Industri terima PKL Periode (I) Januari sd Juni


Salah satu program 8 plus i SMK adalah pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) minimal 6 bulan di industry mitra SMK. SMKN 4 Semarang pada bulan Januari sampai dengan juni 2022 melaksanakan praktek kerja lapangan tahap 1 yang diikuti oleh kelas XI Desain Permodelan Informasi Bangunan 2,3; XI Teknik Audio Video 1, XI Teknik Pemesinan 1, XI Multimedia 2, XI Teknik Elektronika Industri 2 dan XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik 2, sebanyak 252 siswa sedangkan sekitar 360 siswa adak diterjunkan periode 2 yaitu bulan Juli sampai dengan Desember 2022. 

Sebanyak 105 industri yang menerima siswa SMKN 4 Semarang dari berbagai sector antara lain Sektor BUMN, Konstruksi Bangunan, Industri Tekstil, Industri Kimia, Indukstri ketenagalistrikan, Industri Property dan desain, Industri Kreatif meliputi seni animasi dan desain graphis, Perhotelan, Dinas Perhubungan, Dinas Perumahan Rakyat, UMKM, Bengkel Mesin dan Listrik serta Service Home Appliance. 

Sebelum penerjunan PKL terlebih dahulu para siswa dibekali materi budaya kerja oleh naras umber dari industry pasangan, dalam pembekalan tersebut dijelaskan kompetensi apa yang akan mereka dapatkan diindustri meliputi softskill dan hardskill. Tata tertib yang harus dipatuhi  siswa serta budaya kerja yang akan mereka terapkan di industry. 

Kepala SMKN 4 Semarang menegaskan PKL merupakan kesatuan program dari rangkaian program 8 plus I, dengan mengikuti PKL maka akan tercipta lulusan yang kompeten di bidang kompetensi keahlian masing-masing. Beliau juga menitipkan  agar siswa selalu semangat dalam belajar real di dunia kerja, selalu menjaga etika dan mematuhi tata tertib, tidak melakukan tindakan kontra produktif serta selalu menjaga nama bauk sekolah dimanapun berada. Galilah ilmu sedalam-dalamnya di dunia industry yang menjadi tempat PKL mereka dengan atos erja serta budaya kerja yang diterapkan di masing-masing industry. Lulusan yang kompeten memiliki attitude yang baik serta penguasaan teknologi sesuai dengan passion, minat dan bakatnya diharapkan lulusan SMKN 4 Semarang mampu menjadi lulusan yang handal, kompetitif dan mampu bersaing diera global maupun internasional.

Baca juga di :

https://cabdindikwil1.com/category/berita /
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN 4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom


0 Comments