Upskilling dan Reskilling Guna Tingkatkan Kompetensi Guru Produktif

 


Kementrian Pendidikan  Kebudayaan Riset dan teknologi kembali luncurkan program peningkatan kompetensi guru produktif melalui program Upskilling dan Reskilling di berbagai balai besar (BBPPMPV) di beberapa kota di Indonesia. BBPPMPV BMTI Cimahi Bandung sebagai salahsatu balai besar penyelenggara program ini memanggil para peserta yang terdiri dari guru guru SMK se Indonesia salahsatunya adalah Guru Teknik Pemesinan SMK Negeri 4 Semarang untuk megikuti program Upskilling dan Reskilling Guru SMK berstandar Industri Tatap Muka Industri tahun 2021 Bidang Pelatihan Pemrograman CNC Training dan Milling gelombang 2 dan Pemrograman Android gelombang 2.

Program Upskilling dan Reskilling merupakan kolaborasi antara BBPPMPV dengan mitra industri. Adapun Diklat Pemrograman android gelombang 2 dengan industry mitra PT Inovindo Digital Media mulai tanggal 31 Oktober 2021 sampai dengan 13 November 2021  serta tanggal uji kompetensi 15 November 2021 serta tanggal pulang 16 November 2021. Sedangkan Diklat pemrograman CNC Training dan Milling gelombang 2 dengan mitras industry PT CNC Desain Nusantara berlangsung mulai tanggal 31 Oktober 2021 sampai dengan tanggal 17 November 2021 dan tanggal uji kompetensi 18 dan 19 November 2021 serta tanggal pulang 20 November 2021.

Yulaikah,S.Pd sebagai salahsatu peserta diklat dari SMKN 4 Semarang merasa berterima kasih atas kesempatan yang diberikan penyelenggara untuk program diklat ini, sebelumnya telah melalui  tahap tatap muka jarak jauh dan dinyatakan memenuhi kriteria untuk mengikuti tahap selanjutnya sebagai persyaratan peserta program ini. Persyaratan lain adalah berusia maksimal 50 tahun, lolos swab PCR, sehat jasmani dan rohani, memiliki NUPTK terdaftar di Data Pokok Pendidikan SMK serta mengajar mata pelajaran kejuruan (produktif) sesuai kompetensi keahlian. 

Semoga tujuan dari diklat ini mampu membentuk guru produktif dengan kemampuan hardskill dan softskill yang sesuai dan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja saat ini dan masa yang akan datang. Kualitas pendidikan akan semakin terjaga dengan lahirnya guru yang kompeten dan mampu  mewujudkan SMK sebagai sekolah vokasi yang unggul dan berdaya saing dalam era global serta mampu mengejar kemajuan dan semangat terus belajar dan selalu haus akan ilmu pengerahuan. Tetap wujudkan SMKN 4 Semarang sebagai sekolah vokasi dan selalu ukir prestasi tiada henti. 

Baca juga di :

https://cabdindikwil1.com
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom

0 Comments