Tetap Semangat Laksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) SMKN 4 Semarang

 


Latihan Dasar Kepemimpinan atau LDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan.

Pelatihan ini biasanya yang diberikan oleh  Pengurus OSIS lama kepada calon Pengurus OSIS baru, baik untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas (untuk LDK tingkat sekolah menengah).

Pelatihan dasar ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS dari sekolah yang bersangkutan.

Eko Sugiyono,S.Pd. M.Si selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan mengemukakan bahwa peserta LDK tahun ini adalah perwakilan tiap kelas XI dengan total peserta 40 siswa serta panitia adalah seluruh pengurus OSIS berjumlah 18 siswa.

Run down acara LDK yang digelar pada tanggal  2 November 2021 ini dimulai pukul 13.00 sampai dengan 16.00 dengan run down acara  sambutan kepala sekolah oleh Drs.Bambang Sujatmiko,M.Si; materi kepemimpinan oleh Eko  Sugiyono,S.Pd,M.Si; Materi Organisasi oleh Agus Riswantini,S.Pd,M.Si; Materi team Work oleh Hartoto Sutopo,S.Pd,M.Si dengan penanggung jawab Arrinda Maryana Sofiyanti. Acara berlangsung di Aula SMKN 4 Semarang.

Dengan adanya LDK ini diharapkan terbangunnya kepemimpinan dan organisasi yang efektif, efisien yang membawa perubahan positif di lingkungan intra sekolah.

Manfaat dari kegiatan LDK adalah Membekali pelajar untuk beraktivitas nyata di organisasi sekolah dengan pengetahuan serta skill kepemimpinan dan keorganisasian.

Dengan kepemimpinan yang telah diperoleh,  akan menjadikan modal bagi  siswa sebagai calon pemimpin di masa yang akan datang dengan tetap memegang prinsip serta norma hidup yang bermanfaat bagi orang lain serta berani bertanggungjawab sebagai calon pemimpin baik bagi dirinya, lingkungan bangsa dan negara.

Baca juga di :

https://cabdindikwil1.com
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom

0 Comments