Temukan Jati Diri sebagai Guru di Workshop Penguatan Karakter Guru SMKN 4 Semarang

 

Senin 29 Nopember 2021 bertempat di Aula SMKN 4 Semarang berlangsung workshop penguatan karakter bagi guru-guru SMKN 4 Semarang. Dalam sambutannya Kepala SMKN 4 Semarang Drs Bambang Sujatmiko sebagai Kepala SMKN 4 Semarang bertepatan dengan HUT KORPRI ke 50 kembali menitipkan amanah kepada guru guru SMKN 4 Semarang agar selalu menjunjung tinggi profesionalisme sebagai seorang pendidik dan pengajar. Terbentuknya ekosistem sekolah yang menyenangkan adalah sebuah gerakan yang harus mendapatkan dukungan dari semua warga sekolah guna peningkatan mutu pendidikan di SMKN 4 Semarang.

Farida Fahmalatif,S.Pd,M.Pd selaku nara sumber kegiatan workshop membersamai para guru dengan share pengalaman praktik baik dan pemahaman tentang Penguatan Ekosistem Gerakan Sekolah Menyenangkan pada SMK Pusat Keunggulan. Renungan yang diangkat pada workshop kali ini adalah merenungkan kembali apa yang terjadi dalam dunia pendidikan kita sekarang ini dan juga mengajak guru-guru untuk merefleksikan apa yang telah kita lakukan sebagai guru, merumuskan formula tepat dalam mengatasi permasalahan pendidikan di sekolah.

Dengan paparan yang begitu jelas, cerdas dalam penyampaian, materi workshop berlangsung ceria dan menyenangkan. Membuka kembali apa yang harusnya tumbuh pada diri setiap guru, menumbuhkan kembali karakter baik seorang guru, mencoba memberikan pemahaman tentang perubahan mindset sehingga menemukan jati diri sebagai seorang guru. Menjadikan pembelajaran bukan lagi aktifitas yang monoton dan membosankan. Kembali ke hakikat Pendidikan yang memanusiakan. Mengutip dari filosofi Ki Hadjar Dewantara (1965) menyatakan bahwa Mendidik adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan, kebermanfaatan bagi diri bangsanya dan masyarakat, juga untuk kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

Workshop ini juga diberikan contoh-contoh praktek baik yang sangat menginspirasi,  Ada 4 bagian dari sekolah menyenangkan yaitu Learning Environment, Pedagogical Practices, School Connectdness, Character Development. Kesepakatan serta ajakan untuk mengubah mindset guru antara lain Guru tidak lagi berorientasi pada ketuntasan materi kurikulum tetapi menekankan pada proses berpikir kritis dan membangun nalar, guru tidak lagi mengisi murid dengan pengetahuan tetapi menuntun kodrat dan budaya sehingga timbul passion dan talenta terbaiknya, Guru harus berani berinovasi sehingga benar-benar merdeka, Guru harus berani move on atau berubah tidak terjebak pada zona nyaman. Pendidikan tidak hanya menghasilkan tenaga kerja tetapi pendidikan adalah cara untuk menciptakan peradaban yang lebih baik. Dengan workshop ini diharapkan SMKN 4 Semarang Ukir Prestasi Tiada Henti semakin menguatkan karakter untuk menjadi sosok guru sebagai pendidik juga sebagai pengajar dengan mempraktekkan parktek baik di sekolah sehingga siswa menjadi semangat dan melahirkan lulusan yang benar-benar sesuai dengan passion dan talentanya.

Baca juga di :

https://cabdindikwil1.com/category/berita/

https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom

0 Comments