SMKN 4 Semarang siap bangun Budaya Kerja 4K (Kreatif,Kritis,Komunikatif,Kolaboratif)



Jumat 12 november 2021 bertempat di Aula SMKN 4 Semarang pukul 08.00 sd 11.45 telah berlangsung workshop Budaya Kerja Industri Berbasis Revolusi Industri 4.0. Dengan Nara sumber Lizqy Devina Izzati,ST dari Disnakertrans Propinsi Jawa Tengah sub unit Balai Latihan Kerja (BLK) 2 Semarang.

Workshop berlangsung menarik dan komunikatif dengan berbagai media yang digunakan sehingga core dari budaya kerja tersampaikan dan tertanamkan pada guru SMKN 4 Semarang. Disajikan dengan Bahasa yang lugas dan langsung mengarah pada pemahaman tentang budaya kerja.

Budaya Kerja  adalah suatu konsep yang didasari oleh kebiasaan atau keseluruhan pola perilaku setiap individu atau kelompok yang dibudayakan dan dikembangkan dalam suatu organisasi atau perusahaan untuk mempertahankan efisiensi dalam bekerja.

Drs.Bambang Sujatmiko,M.Si selaku Kepala SMKN 4 Semarang menekankan produktifitas dalam bekerja dengan mengefisiensikan dan mengefektifkan sumber daya yang ada sehingga kebekerjaan yang berbasis industry akan mudah diadaptasikan.

Nara sumber juga memaparkan cara mengadaptasi industry 4.0 dengan memfokuskan pada manajemen waktu, serta dipaparkan bagaimana menghentikan wasting time , pembuangan waktu dapat diatasi  dengan “Pomodoro Concept”. Tips untuk manajemen waktu juga dijelaskan secara lugas dalam workshop ini, inti dari time management adalah how to prioritize your  dengan membuat sutu daftar skala prioritas yang mencakup dua kunci yaitu tingkat urgent dan tingkat important. Sedangkan Budaya Kerja 4.0  yang harus dibangun adalah dengan menerapkan Budaya Kerja 4K yaitu Kreatif,Kritis,Komunikatif,Kolaboratif.

Baca juga di :

https://cabdindikwil1.com
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom

0 Comments