PT Bitratex Industries Semarang dan Gumaya Hotel Semarang bersinergi dalam Workshop Komitmen Dudika terhadap Lulusan SMKN 4 Semarang

 


Kamis, 25 November 2021, Kepala SMKN 4 Semarang Drs. Bambang Sujatmiko,M.Si  membuka workshop Komitmen Dudika terhadap lulusan SMKN 4 Semarang. Dalam sambutannya beliau mengajak penguatan kerjasama yang selama ini telah terjalin baik semakin dikuatkan lagi  dengan kegiatan yang saling menguntungkan bagi industry juga sekolah, mengingat SMK sebagai salahsatu lembaga vokasi yang memiliki tujuan lulusan antara lain bekerja. Penguatan kerja sama meliputi PKL, Rekuitmen, kerja sama  dengan menekankan program link and super match dengan dudika dengan pemantapan program 8 plus i nya SMK. 

DR.Ahlis Qoidah Noor sebagai pengawas Pembina SMKN 4 Semarang menekankan pada literasi serta berkarakter baik yang harus dimiliki semua Warga  SMKN 4 Semarang baik sehingga memunculkan  terbentuknya Guru yang Unggul dan siswa yang kompeten terhadap teknologi masa kini.

Andrea Mutiara P,sPsi selaku HRD bagian Training Gumaya Hotel menjelaskan tentang perjanjian kerjasama sekolah dengan industry yang tertuang dalam MoU (Memorandum of Understanding) dan Recruitmen sebagai bentuk komitmen industry terhadap sekolah, serta menjelaskan tentang tata cara interview, cara membuat email, membuat CV yang baik,  Beliau juga dalam paparannya menjelaskan trik sukses lulus seleksi dan wawancara dalam rekuitmen. Secara umum kompetensi dasar (basic) yang dicari HRD adalah knowledge, Skill, Attitude, Self Confidence dan Communication. Dari pantauan lapangan pada saat PKL, salah satu kelemahan siswa SMK dalam PKL adalah kemampuan berbahasa asing, attitude atau sikap serta kemampuan bersosialisasi dengan orang lain, hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa Gumaya hotel adalah salahsatu hotel bintang 5 di Semarang dengan focus usaha adalah  bidang  pelayanan jasa perhotelan dengan indikator kenyamanan  serta kepuasan konsumen maka pada PKL ditekankan sekali kemampuan siswa PKL daalm berkomunikasi dan berinteraksi social. Adapun siswa PKL dari kelompok teknik akan ditempatkan di Engineering Departement.

Dicksson Saunders.CG,  selaku HRD PT Bitratex Industries Semarang memaparkan tentang Program PKL dan Rekuitmen calon tenaga kerja. Dalam paparannya di acara workshop ini beliau memaparkan program PKL yang telah lama terjalin dengan SMKN 4 Semarang sebagai wujud kepedulian serta dukungan perusahaan terhadap siswa untuk dapat membangun kompetensi, memperluas wawasan dan mendapatkan pengalaman nyata di dunia kerja. Di kesempatan ini juga beliau menjelaskan tentang alur pengajuan PKL (Praktek Kerja Lapangan) dengan menjelaskan tentang manfaat selain pengalaman kerja secara nyata di dunia kerja serta terlibat dalam kegiatan bisnis atau operasioonal persahaan seharai-hari juga selama PKL siswa mendapartkan fasilitas makan siang dan fasilitas keseharan selama berada di Kantor PT Bitratex. Dari data statistic prosentasi karyawan yang diterima berasal dari siswa yang dulu PKL adalah sebesar 44,3% sedangkan 3% dari internal, 5,2% dari lainnya, 47,5% dari Umum. Perekrutan PT Bitratex lebih banyak dengan cara mengambil karyawan dari siswa yang dulu pernah PKL di Bitratex dengan pertimbangan kebijakan antara lain siswa tersebut sudah terbiasa dengan budaya dan ritme kerja dibandingkan pegawai baru yang didatangkan dari luar, tidak membutuhkan biaya tinggi (efisiensi) serta  siswa alumni PKL tersebut sudah memahami budaya kerja di lingkungan PT Bitratex Indsutries Semarang yang merupakan salahsatu anak cabang dari PT Sritex Solo.

Baca juga di :

https://cabdindikwil1.com/category/berita/

https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom

0 Comments