SMKN 4 Semarang Implementasikan P5BK

 


Mengutip dari Filosofi Pendidikan “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter dan berperilaku sesuai dengan nilai Pancasila”. Guna mewujudkan  Indonesia maju yang berdaulat. mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Profil  Pelajar Pancasila.

SMKN 4 Semarang “ Ukir Prestasi Tiada Henti” melakukan gerak cepat dengan mensosialisasilan P5BK pada tanggal 5 Oktober 2021 bertempat di Aula SMKN 4 Semarang. Dengan menerapkan 6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila diantaranya Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berkebinekaan Global, Bergotongroyong, Mandiri, Bernalar Kritis dan Kreatif. Dimensi 1 PPP, Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia,  terdiri dari 5 komponen yaitu Akhlak Beragama, Akhlak Pribadi,  Akhlak Kepada Manusia, Akhlak kepada Alam, Akhlak bernegara, Dimensi 2 PPP, Berkebinekaan Global terdiri dari  3 komponen yaitu Mengenal dan menghargai budaya, Kemampuan Komunikasi Intercultural dalam berinteraksi dengan sesama, Refleksi dan tanggungjawab terhadap pengalaman kebhinekaan, Dimensi 3 PPP, Gotong Royong terdiri dari 3 komponen yaitu Kolaborasi, Kepedulian, Berbagi ;Dimensi 4 PPP, Mandiri,terdiri dari 2 komponen yaitu Kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi, Regulasi Diri; Dimensi 5 PPP, Bernalar Kritis terdiri dari  4 komponen yaitu Memperoleh dan Memproses informasi dan Gagasan, Menganalisis dan mengevaluasi penalaran, Merefleksikan pemikiran dan proses berpikir, Mengambil Keputusan dan Dimensi 6 PPP, Kreatif terdiri dari 2 komponen yaitu Menghasilkan Gagasan yang Orisional, Menghasilkan Karya dan Tindakan yang Orisinal.

Penanaman dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila akan dilakukan melalui projek yang mengacu pada tema-tema isu prioritas pada peta jalan Pendidikan Nasional 2020-2035 dan kebutuhan dunia kerja. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar melalui projek.

Dengan tetap menerapkan prinsip pengembangan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan budaya kerja antara lain: berpusat pada peserta didik, holistic, kontekstual, eksploratif, dengan tujuan P5BK antara lain selain menanmkan karakter Profil Pelajar Pancasila juga memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak normal,struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif, dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi.

Adapun tema P5BK antara lain: Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Bhinneka Tunggal Ika, Bangunlah Jiwa dan Raganya,Suara Demokrasi,Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun NKRI, Kewirausahaan,Kebekerjaan dan Budaya Kerja.

Dalam Sosialisasi P5BK Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Koman Wasito Edi Wibowo dan Koordinator P5BK  Sunarko,S.Pd serta Ketua Tim GSM Kholik,S.Pd menjelaskan tentang assesmen individual peserta didik yaitu assesmen  berupa catatan deskriptif, catatan proses cukup satu paragraph singkat, menggambarkan proses yang saling berkembang dan proses yang masih mendapatkan perhatian, hal lain yang dijelaskan oleh Tim P5BK adalah rubrik penilaian membangun mimpi, vision dan passion peserta didik SMK mencakup dimensi Mandiri dan bernalar kritis dengan kriteria belum berkembang (<30%), Mulai berkembang (30->60%),Berkembang sesuai harapan (60%-<90%) dan Sangat Berkembang >90%), Dimensi Kreatif dengan kriteria Belum berkembang (satu ide), Mulai Berkembang (beberapa ide), Berkembang sesuai harapan (banyak ide dan bisa mengembangkan satu ide), Sangat Berkembang (ide yang berbeda), juga Lembar Refleksi membangun mimpi, vision dan passion peserta didik. Adapun contoh proyek budaya kerja misalnya Penerapan 5R.


Baca juga di :

https://cabdindikwil1.com
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SmKn4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom


0 Comments