SMKN 4 Semarang adakan Sosialisasi Tracer Study menuju Sekolah Berbasis Data



Menindaklanjuti Program Kebijakan Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri ( Mitras DUDI), Mencuplik dari Pidato Presiden Indonesia, Ir. Joko Widodo di Sentul tanggal 14 Juli 2019 tentang Meningkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi di Indonesia, Salahsatu komponen pendidikan vokasi adalah Penelusuran Lulusan Pendidikan Vokasi (Tracer Study).

SMKN 4 Semarang “ Ukir Prestasi Tiada Henti” mengadakan Sosialisasi Bimtek Tracer Study bertempat di Ruang 15 SMKN 4 Semarang berlangsung Selasa, 5 Oktober 2021, pada pukul 08.00 sd 10.00 WIB, acara dihadiri oleh Tim Gugus Tugas Tracer Study yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Hubin , Operator Dapodik Sekolah, Bagian BKK dan Bagian Alumni , Seksi Humas dan Kesiswaan di 9 Kompetensi Keahlian di SMKN 4 Semarang.

Pada acara tersebut Kepala SMKN 4 Semarang menguatkan kegiatan Tracer Study sebagai survey terukur terhadap lulusan dari satuan pendidikan vokasi yang dilakukan setelah siswa lulus atau di akhir pendidikan/pelatihan.Tujuan Tracer Studi antara lain mendapatkan informasi penyerapan lulusan satuan pendidikan vokasi, mendapatkan informasi umpan balik dari lulusan, mendapatkan informasi tentang ketenagakerjaan dan dunia kerja serta mendapatkan informasi kompetensi baik hardskill maupun softskill yang dibutuhkan oleh Dunia kerja.

Manfaat Tracer Study dipaparkan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Hubin SMKN 4 Semarang, Ice Faulia,S.Pd,M.Si antara lain bagi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai sarana penyediaan informasi pendukung, Bagi dinas Pendidikan Provinsi dan kabupaten Kota sebagai penyedia informasi pendukung untuk neraca pendidikan daerah, Bagi Satuan Pendidikan SMKN 4 Semarang khususnya memberikan informasi untuk perbaikan kinerja satuan pendidikan, bagi dunia kerja sebagai penyedia informasi untuk perbaikan kinerja satuan pendidikan dan yang teraakhir memberikan informasi tentang potensi kerjasama dunia kerja sebagai pengguna lulusan dengan satuan pendidikan vokasi.

Menurut paparan nara sumber tracer study yang telah mengikuti Bimtek Tracer Study di Hotel Pandanaran Yekti Sumihudiningsih,S.Pd pada Bulan September 2021 memberikan penjelasan  yang terukur dalam kegiatan tracer study antara lain mendapatkan informasi penyerapan lulusan satuan pendidikan vokasi, mendapatkan informasi umpan balik dari lulusan untuk meningkatkan kualitas program pendidikan dan pelatihan vokasi,mendapatkan informasi tentang ketenagakerjaan dan dunia kerja pada level local dan nasional, serta mendapatkan informasi kompetensi (hard skill dan soft skill) yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

Era Pendidikan di masa revolusi 4.0 menuntut satuan pelajaran sebagai sekolah berbasis data, sasaran tracer study 2021 untuk lulusan SMK adalah Lulusan SMK negeri dan swasta tahun 2018/2019 dan tahun 2019/2020. Untuk tracer study berkelanjutan akan dilaksanakan secara berkelanjutan. Dalam sosialisasi tugas pokok gugus tracer study antara lain mengumpulkan data responden, melengkapi populasi data responden, mengunggah data responden ke aplikasi, menyusun dan memetakan data responden, pengumpulan data tracer study dan laporan kerja pengumpulan data tracer studi.Dalam kegiatan sosialisasi ini juga dikenalkan aplikasi oleh tracerstudy yang telah disediakan Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI)  dengan teknis responden alumni sampel 80% dari sasaran tracer study, dimaksimalkan pengembalian atau respon 60& dari jumlah responden. Sedangkan kriteria responden dari Iduka pasangan di SMKN 4 Semarang. Yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh Tim Gugus Tracer Study.        

Baca juga di : 
https://cabdindikwil1.com ,
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd.M.Si ( Wakasek Humas dan Hubin SMKN4 Semarang )
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom

0 Comments