Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di SMKN 4 Semarang

 

“Kenali Hukum Jauhi Hukuman”,  Sebuah pesan bermakna yang menjadi pembelajaran bagi siswa-siswa SMKN 4 Semarang “Ukir Prestasi Tiada Henti” pada hari ini. Program Jaksa Masuk Sekolah diselenggarakan pada hari Kamis,14 Oktober 2021, bertempat di Aula SMKN 4 Semarang berlangsung dari Pukukl.09.00 sd 12.00 WIB.

Dalam acara tersebut turut hadir Pengawas Pembina SMK Cabang Dinas Wiayah  1 Propinsi Jawa tengah,  Dr.Ahlis Qoidah Noor S.Pd,M.Pd, Kepala Sekolah SMKN 4 Semarang Drs.Bambang Sujatmiko,M.Si,sedangkan dari pihak Kejaksaan Tinggi Semarang,  Bambang Tejo M.SH sebagai Kasi Penkum, Yunie Pramesti,SH,MH (Jaksa Fungsional), Febri Nur Reza, S.I.Kom (Kasubsi Penkum), Risti Noviati,SH (Kasubsi Humas).

Sambutan Kepala Sekolah Drs.Bambang Sujatmiko,M.Si menyatakan SMKN 4 Semarang merupakan sekolah dengan jumlah siswa 1806 dengan 9 kompetensi keahlian yang sekarang menjadi 7 program keahlian, dengan kalimah “ Ukir Prestasi Tiada Henti” telah mensosialisasikan Visi dan Misi Sekolah, telah melaksanakan juga program Anti Perundungan dengan memghasilkan siswa agen  perubahan anti perundungan dengan pendampingan Tim Gerakan Sekolah Menyenangkan. Saat ini sedang melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka  Terbatas. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada Pihak Kejati yang telah memberikan kesempatan dan berkenan memberikan penyuluhan hukum dengan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS).

Dalam sambutannya Pengawas Pembina Cabdinwil 1 Dr.Ahlis berpesan agar siswa tetap semangat untuk mewujudkan kalimah ukir prestasi tiada henti, sebagai salahsatu sekolah pusat keunggulan untuk selalu meningkatkan skill siswa dengan membentuk siswa yang berkarakter,attitude/behavior/adab dengan  meningkatkan softskill dengan membiasakan karakter jujur, sopan,berjiwa mulia,  dan hardskill melalui pembelajaran Blended baik daring melalui LMS ataupun luring dengan PTM terbatas.

Bambang Tejo M.SH selaku Kasi Penkum memberikan sambutan serta materi  maksud dan tujuan Program kegiatan Jaksa Masuk Sekolah dilanjutkan oleh Yunie Pramesti,SH,MH (Jaksa Fungsional) memaparkan tentang Hukum, dimana hukum adalah aturan yang akan membuat   tatanan masyarakat yang tertib dan seimbang. Dengan mengenalkan hukum dikalangan siswa diharapkan memberikan penyuluhan tentang hukum sehingga terbentuk masyarakat sadar hukum dari usia dini. Dalam acara ini juga siswa aktif mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab dengan materi seputar hukum antara lain menjelaskan definisi hukum,jenis-jenis pelanggaran yang terjadi di masyarakat, siapa saja penegak hukum di Indonesia (Polisi, Hakim, Jaksa Penasehat hukum), Siapa saja pelaku pelanggaran hukum perbedaan tersangka,terdakwa,terpidana), apa itu KUHP?, lembaga peradilan nasional,pemahaman tentang  alat bukti  dan pertanyaan lain seputar cyber crime ataupun hal yang dilarang dan diperbolehkan dalam penggunaan media social.

Pentingnya peran generasi muda disadari atau tidak,pemuda sejatinya memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam akselerasi pembangunan termasuk pula dalam proses kehidupan berbangsa dan bernegara.

Diakhir acara pesan dari Tim Jaksa Masuk Sekolahyaitu tidak melakukan perbuatan tercela, melawan hokum atau melanggar norma hokum,social dan norma agama. Jadilah generasi muda yang berintelektual, baik,jujur,adil,punya integritas,dan bermoral baik di mata masyarakat, “Kenali Hukum Jauhi Hukuman”.         


Baca juga di :

https://www.cabdindikwil1.com
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SmKn4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S.Kom

0 Comments