Guru SMKN 4 Semarang Ikuti Upskilling dan Reskilling Guru SMK Berstandar Industri


Menindaklanjuti surat dari Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, nomor 0834/D4/KP.04.00/2021 tanggal 10 Juni 2021 perihal “Pemberitahuan Program Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan SMK tahun 2021”, maka Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika akan melaksanakan program tersebut. Kegiatan ini dibagi dalam tiga tahapan sebagai berikut: 1. Pelaksanaan Diklat/Pendalaman : 29 September s.d. 10 Oktober 2021 2. Magang Industri : 11 s.d. 17 Oktober 2021 3. Sertifikasi : 18 s.d. 20 Oktober 2021.

Ada 8 Judul Kelas Diklat untuk Upskilling dan Reskilling Angkatan 2 di BBPPMPV BOE Malang antara lain Pengoperasian Mesin CNC-A, Teknik Pengelasan GTAW, Pengoperasian dan Pemeliharaan Peralatan Sistem Pneumatik-A, Perawatan Berkala Sepeda Motor, Perawatan Berkala Sistem Injeksi-A, Pemrograman Internet of Things (IoT) Phyton Programming –A, Pemrograman AutoCAD 2 Dimensi dalam Bangunan Gedung –A, CAD Mechanical Enginnering (CADD)-A.

SMKN 4 Semarang “Ukir Prestasi Tiada Henti”, mendapatkan kesempatan untuk program ini dengan mengirimkan beberapa guru produktif antara lain: Mapel Pengoperasian Mesin CNC-A atas nama Ahmad Saifudin S.Pd, Mapel CAD Mechanical Engineering (CADD) atas nama Ruli Ardianto, S.Pd, MT, Budi Ciputra, S.Pd untuk kompetensi keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan. Selain Diklat di Balai Besar Guru tersebut juga mendapat kesempatan magang di PT Bumi Intan gemilang Bidang Kerja Repair, service dan Fabrikasi yang berlokasi di Karang Joang Kota Balikpapan Kalimantan Timur. Materi yang didapat antara lain : Overview PT Bumi Intan Gemilang, Quality Control, Desain Produk dan Aplikasi Produksi.

Dengan Program Upskilling dan Reskilling Guru SMK dapat meningkatkan kemampuan guru, sedangkan Reskilling adalah pelatihan kemampuan baru bagi para guru SMK.


Baca juga di :

https://cabdindikwil1.com
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SmKn4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom



0 Comments