SMKN 4 Semarang “ Ukir Prestasi Tiada Henti” Terima Bantuan Alat Dapur Pelebur Logam dari Tim Pengabdian Masyarakat UNNES

 

Oleh Ice Faulia,S.Pd,M.Si


Salahsatu Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian kepada masyarakat.Langkah nyata dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang terdiri dari Widi Widayat,ST,MT; Rusiyanto,S.Pd,MT; Ayub Budhi Anggoro,S.Pd,M.Pd dan Hendrix Noviyanto,F,ST,MT. Pada hari Rabu (8/9/2021) menyerahkan bantuan Alat Dapur Pelebur Logam sebagai bentuk penerapan teknologi untuk mendukung pelajaran praktek di SMKN 4 Semarang.

Kedatangan Rombongan disambut hangat oleh kepala SMKN 4 Semarang Drs. Bambang Sujatmiko,M.Si, bertempat di Bengkel Teknik Pemesinan beliau mengatakan Hubungan baik yang telah lama dijalin pihak UNNES dengan SMKN 4 Semarang telah terwujud dalam berbagai bidang baik program PPL,Diklat Guru Produktif,Lomba Kreatifitas Siswa,Update teknologi dan dapat ditingkatkan lagi berupa pengembangan program Teknologi Tepat Guna,  Riset teknologi pembelajaran maupun Rekayasa Teknologi , Pembelajaran Praktik Prakarya dan Kewirausahaan diharapkan dapat terjadi kolaborasi antara Guru SMKN 4 Semarang dan Dosen UNNES.

Alat yang dihibahkan ke SMKN 4 Semarang berupa Tungku Pengecoran Logam dengan spesifikasi Peleburjenis Krusibel, Bahan Bakar LPG,, melebur logam non ferro (paduan alumunium), kapasitas muatan hingga 5 kg, Temperatur kerja 750 derajat celcius,perlengkapan pendukung berupa Thermocouple dan display temperature dapur hingga 1350 derajat celcius, Tang jepit Krusibel, Batang pengguna dan manual book.

SMK Program keahlian teknik pemesinan memiliki mata pelajaran produktif Pekerjaan Dasar Teknik Mesin salahsatu adalah  pengecoran logam (KD.3.10) dan melakukan teknik pengecoran logam (KD.4.10). dengan adanya alat ini praktek pengecoran logam akan dapat dilaksanakan dengan baik oleh siswa SMKN 4 Semarang.

0 Comments