SMKN 4 Semarang “Ukir Prestasi Tiada Henti” Laksanakan Gladi Bersih ANBK Tahun 2021

 

Oleh : Ice Faulia,S.Pd,M.Si

 Merujuk pada Nota Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Propinsi Jawa Tengah Nomor : 423.7/387 Tanggal : 6 September 2021 Hal : Penyelenggaraan Asesmen Nasional Jenjang SMA/SMALB dan SMK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021, Menurut Wakil Kurikulum SMKN 4 Semarang Koman Wastito Edi Wibowo,S.Pd,M.Si mengkoordinir penyelenggaraan  Gladi Bersih ANBK dengan jumlah peserta untuk kelas X sebanyak 45 dan cadangan 5 siswa, kelas XI sebanyak 45 dan cadangan 5 siswa. Gladi Bersih dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis tanggal 8 dan 9 September 2021  dilaksanakan 2 sesi dengan rincian sesi ke-1 pada pukul 07.00 sd 09.00 dan sesike- 2 pada pukul 10.00 sd. 12.00 WIB.

Kepala SMKN 4 Semarang Drs.Bambang Sujatmiko,M.Si menekankan kepada siswa agar tetap mematuhi ketentuan pelaksanaan Gladi bersih ANBK antara lain : Siswa menggunakan Seragam sekolah; siswa datang sesuai jadwal( hari,tanggal dan jam); siswa dalam kondisi rapi sesuai dengan tata tertib sekolah; siswa harap melaksanakan prosedur sesuai dengan prokes 5 M secara ketat; siswa menjaga etika; sopan santun dan tidak melakukan kegiatan yang kontraproduktif dan siswa mengisi daftar hadir dengan QR code yang sudah disampaikan oleh walikelas masing-masing.

Penyelenggaraan Gladi bersih ANBK tahun 2021 merupakan langkah dalam rangka menindaklanjuti  Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 030/H/PG.00/2021 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesemen Nasional, disampaikan hal-hal sebagai berikut : 1. Asesmen Nasional adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar; 2. Kegiatan asesmen diselenggarakan dengan model menggunakan komputer secara daring dan semidaring sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal (model ANBK) sehingga diharapkan setiap Satuan Pendidikan telah selesai melakukan persiapan khususnya yang terkait dengan perangkat computer, jaringan dan teknisi yang menanganinya; 3. Mempertimbangkan pelaksanaan ANBK Tahun 2021 masih dalam kondisi pandemi Covid-19, seluruh Satuan Pendidikan dalam penyelengaraan ANBK wajib patuh terhadap penerapan prokol kesehatan, dan menjamin berbagai tahapan dan pemenuhan persyaratan telah terpenuhi sesuai ketentuan

0 Comments