SMKN 4 Semarang “ Ukir Prestasi Tiada Henti” Adakan Sosialisasi dan Koordinasi Pengembangan Sekolah PK.

 


Oleh : Ice Faulia,S.Pd,M.Si

 Kacabdin Wilayah 1, Sunarto,S.Pd,M.Pd resmi membuka acara “ Sosialisasi dan Koordinasi Pengembangan Sekolah PK, bertempat di Aula Utama SMKN 4 Semarang, acara dimulai pukul 08.30 dan berakhir pukul 11.20. Berlangsung secara blended (luring dan Daring). Dalam Sambutannya Beliau mengatakan SMKN 4 Semarang sebagai salahsatu Sekolah PK  harus mampu menjadi agen dalam menebarkan bibit kebaikan dengan semboyan,” Jangan Berhenti ketika Lelah namun berhentilah ketika telah berhasil”. Beliau menekankan bahwa sekolah PK harus dapat menepis anggapan SMK sebagai penyumbang pengangguran tertinggi, dengan cara membuktikan bahwa Sekolah PK adalah Jawaban bahwa Lulusan SMK akan terserap baik di Dudika, Perguruan Tinggi maupun Berwirausaha. SMKN 4 Semarang mendapatkan berkah sebagai salahsatu sekolah PK harus mampu membuktikan dengan Praktik Baik yang telah dilakukan diantaranya telah melaksanakan  sinkronisasi kurikulum sebagai implementasi dari kebijakan Dirjen Vokasi dengan Kawin Masal antara SMK dan Dudika. Dengan pendampingan dari BBPPMPV BMTI Cimahi dan  Polines diharapkan mampu memaparkan nilai optimisme yang tinggi dengan analogi  “ Keputusan-keputusan dimasa sekarang, pilihan pilihan dimasa sekarang akan terjadi dimasa yang akan datang”. SMKN 4 Semarang  akan mampu menjawab tantangan 2 atau 3 tahun ke depan dengan menghasilkan lulusan yang terserap Bekerja di Dudika, Melanjutkan Kuliah atau Berwirausaha (BMW).

Hal serupa ditegaskan oleh Drs.Bambang Sujatmiko,M.Si sebagai Kepala SMKN 4 Semarang “Ukir Prestasi Tiada Henti”. Melalui Tahapan Proses Transformasi Aspek Vokasi bagi SMKN 4 Semarang  diharapkan mencapai level 4 dengan memiliki kerjasama yang menyeluruh, mendalam dan berkelanjutan sehingga SMK PK ini dapat menjadikan rujukan bagi peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. Pencapaian Target SMK PK yaitu Kualitas dan kinerja meningkat, Keselarasan dunia kerja, Keterserapan lulusan, Pusat keunggulan dapat tercapai dengan kolaborasi seluruh warga Sekolah dalam mengemban keberkahan SMKN 4 Semarang sebagai Sekolah PK.    

Pendamping dari BBPPMPV BMTI Bandung, Dadan Hermawan,S.Pd,MT melalui daring serta Pendamping dari  Polines Jati Handayani,SE,M.Si yang hadir secara luring menguatkan  agar selalu Upskilling,Upgrading serta  merapat mewujudkan 8+ i nya SMK PK dengan mendampingi dan memberikan arahan serta pengalaman  dalam kegiatan penguatan pembelajaran meliputi sosialisasi dan koordinasi pengembangan sekolah, Implementasi Link dan super match, Penguatan Profil pelajar Pancasila, Pengembangan Platform Teknologi, Penelusuran Tamatan, Evaluasi dan Dokumentasi Sharing Praktik Baik dan Koordinasi serta Pelaporan.

SMKN 4 Semarang sebagai Sekolah PK diharapkan mampu membiaskan dan menjadi rujukan untuk sekolah lain sehingga SMK Sukses Bersama , Maju Bersama dalam Mewujudkan SMK Unggul, SMK Bisa,Vokasi Kuat menguatkan Indonesia.      

 

 

0 Comments