SMKN 4 Semarang “ Ukir Prestasi Tiada Henti “ Sosialisasi Rencana Mutu SMKN 4 Semarang

 


Oleh : Ice Faulia S,Pd,M.Si ( SMKN 4 Semarang)

Kepala SMKN 4 Semarang Drs.Bambang Sujatmiko,M.Si dalam  kegiatan hari ke 2 Simulasi PTM  tanggal 7 September 2021 memberikan penguatan materi  motivasi kepada siswa SMKN 4 Semarang  dengan menekankan bahwa sekolah merupakan wadah pengembangan kreatifitas siswa menuju siswa yang unggul sesuai dengan passion masing-masing. Selalu berlomba dalam prestasi dan proaktif terhadap tugas sebagai siswa SMK dan menolak kegiatan yang kontraproduktif. Mengenal diri sendiri dan lingkungan disekitar siswa merupakan langkah awal untuk mengidentifikasi diri sendiri, memunculkan keunggulan dan memperbaiki kelemahan yang ada pada diri sendiri, Beliau juga menyatakan Sekolah adalah tempat yang menyenangkan bagi siswa dalam berinteraksi sosial maupun wadah mereka dalam menuntut ilmu.

Dalam kesempatan ini juga Kepala SMKN 4 Semarang menyampaikan Rencana Mutu SMKN 4 Semarang dimulai dengan dimulai dari input  meliputi kegiatan PPD, Pendaftaran dan Seleksi, berlanjut ke proses kelas X dengan beberapa kegiatan antara lain MPLS, Pendidikan Karakter, Kemah Bakti, LDK, serta Kegiatan Ekstra Kurikuler; Sedangkan Proses Kelas XI  meliputi kegiatan Praktek Kerja Lapangan, Study Budaya, Kunjungan Industri, Pendidikan Karakter, Berbudaya Industri, Ekstrakurikuler. Selanjutnya Proses Kelas XII antara lain dengan kegiatan PKL, Pendidikan Karakter, WiraUsaha, Ujian Kompetensi Keahlian, AKM (ANBK) dan Ekstrakurikuler.

Beliau juga menjelaskan ketika terjadi ketidaksesuaikan rencana mutu kedalam tanda kolom blok merah atau mendapat perhatian dengan “Dikembalikan  ke Orangtua” jika tidak menyelesaikan pendidikan, Tidak naik/lulus 2 kali berturut-turut dalam satu tingkat, Melanggar Tata tertib sekolah antara lain : berkelahi/Tawuran, Menyalahgunakan Narkoba, Bertindak Kriminal, Hamil/menghamili. Output yang akan dicapai adalah lulusan SMK melalui program BMW, Bekerja, Melanjutkan Sekolah dan berWirausaha.    

Dalam kegiatan hari ke 2 Simulasi PTM Kepala SMKN 4 Semarang memberikan motivasi agar para siswa memasuki SMK dengan passion masing-masing dan selalu aktif serta bersemangat dalam mencapai mimpi dan mewujudkan cita cita sebagai siswa SMK dengan menguasai kompetensi bidang keahlian masing-masing serta meningkatkan kemampuan attitude atau sikap  melalui pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari dengan selalu berperilaku baik sesuai dengan norma kepatutan atau kesopanan, meningkatkan kemampuan knowledge dengan pengembangan mencari sumber pengetahuan sesuai dengan program keahlian  dimanapun kapanpun dan melalui media apapun serta komponen psikomotorik melalui membuat terobosan atau inovasi baru tentang update teknologi dan mejadikan hobbi sesuai dengan program keahlian masing-masing.      

0 Comments