Pendampingan Kurasi Kurikulum Muatan Pendidikan Antinarkoba di SMKN 4 Semarang

 




Tindak lanjut dari surat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan teknologi Badan Standar Kurikulum dan Assesman Pendidikan Pusat Kurikulum dan Perbukuan tertanggal 14 September 2021. SMKN 4 Semarang  sebagai tempat yang ditunjuk sebagai salahsatu  sekolah  dengan pendampingan Kurasi Kurikulum oleh Puskurbuk dengan mengembangkan Model Kurasi Kurikulum Kontekstual di Satuan Pendidikan berupa telaah dan perbaikan (kurasi) terhadap kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) kurikulum 2013.

Kegiatan pendampingan diselenggarakan pada Kamis sd Sabtu tanggal 23 sd 26 september 2021 dengan pelaksanaan prokes COVID 19. Acara tersebut dibimbing oleh Tim Pengembang Model Kurasi Satuan Pendidikan  Bapak Sujatmiko dari Puskurbuk Jakarta. Adapun daftar peserta terdiri dari 1 staf teknis dari Puskurbuk, Kepala Sekolah, Wakasek bidang Kurikulum, Guru Senior, Guru Mapel Produktif C1, dan Guru Mapel Produktif  C2.

Pendampingan Kurasi ini dilaksanakan selama 4 hari dengan run down acara hari ke-1 dengan materi Koordinasi dan konsultasi dengan Dinas Pendidikan dan Sekolah oleh Tim Puskurbuk dan Dinas, dilanjutkan Pembukaan oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah yang diwakili Ibu Putri dan Ibu Soraya, dengan paparan materi Paparan, Telaah dan Diskusi Analisis Konteks oleh Tim Puskurbuk dan peserta.

Hari ke-2 acara pendampingan dengan materi Paparan, Telaah dan Diskusi Hasil Dokumen 1 KTSP  dan Perbaikan Analisis Konteks, Dokumen 1, Silabus  oleh Tim Puskurbuk dan Peserta. Hari ke-3 dilanjutkan Paparan, Telaah dan Diskusi Hasil Dokumen 1 RPP  , dan hari ke-4 dengan materi Perbaikan Analisis Konteks, Dokumen I Silabus dan RPP serta Finalisasi Analisis Konteks, Dokumen I KTSP, Silabus dan RPP.

Acara ditutup dengan penyelesaian administrasi hasil pendampingan model kurasi kurikulum oleh Tim Puskurbuk dan peserta, Menurut Sujatmiko selaku Tim Teknis dari Puskurbuk menyatakan pendampingan ini bertujuan untuk menyisipkan materi Anti Narkoba sebagai Materi yang terintegrasi dalam mata pelajaran baik umum maupun kejuruan.

Drs. Bambang Sujatmiko,M.Si  mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas pendampingan kurasi kurikulum dengan materi muatan Anti Narkoba yang terintegrasi kedalam mata pelajaran  sehingga hasil akhirnya adalah dokumen atau perangkat pembelajaran yang sudah terintegrasi dengan muatan anti narkoba baik di Silabus, RPP, ATP,TP maupun Modul, JobSheet mencakup modul sampai dengan Sistem Penilaian. Terbentuknya siswa yang berkarakter baik sesuai  Profil Pelajar Pancasila membawa SMK menjadi Unggul dan menjadi aset dengan  siswa berkarakter baik menuju SMK Bisa dengan  BMW nya. 


Baca juga di : 
https://cabdindikwil1.com ,
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd.M.Si ( Wakasek Humas dan Hubin SMKN4 Semarang )
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom

0 Comments