Pendampingan Impelementasi Pembelajaran SMK PK oleh BBPPMPV BMTI Bandung di SMKN 4 Semarang “ Ukir Prestasi Tiada Henti”

 



Berdasarkan surat dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Nomor 3078/H4/KR.00.01/2021. Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) Kemendikbud Ristek melalui Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) beserta tujuh Balai/ Balai Besar di bawah naungan Ditjen Diksi mendukung pelaksanaan Program SMK sebagai Pusat Keunggulan (PK).

Salah satu tugas dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI) terhadap SMK PK adalah melakukan pendampingan implementasi pembelajaran. Pendampingan Implementasi Pembelajaran pada SMK Pusat Keunggulan bertujuan untuk membantu secara teknis operasional kepada SMK PK agar mampu melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran paradigma baru di sekolah secara efektif dan efisien.

Sasaran pendampingan implementasi pembelajaran pada BBPPMPV BMTI adalah 78 SMK PK yang telah mengikuti program pelatihan komite pembelajaran dan melaksanakan IHT pada program SMK PK.

SMKN 4 Semarang sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan (PK) dengan Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan akan dilakukan pendampingan pada tanggal 24 sd 25 September 2021, bertempat di Gedung COE Teknik Pemesinan, acara dibuka dengan menyanyikan Indonesia Raya kemudian dilanjutkan Pendampingan dengan Nara Sumber BBPPMPV BMTI yaitu Dr. Dani Hidayatulah, SPd. MT dan Melva Ida.

Dalam kegiatan tersebut Dr Dani Hidayatullah dari BBPPMPV BMTI menyatakan SMKN 4 Semarang telah melaksanakan proses penyusunan Kurikulum Operasional Sekolah SMKN 4 Semarang dengan bimtek serta pembiasan Kurikulum KOS oleh 7 kelompok komite pembelajar SMKN 4 Semarang  kepada guru SMKN 4 Semarang baik Kelompok Umum dan Kelompok Produktif selama 10 hari dan telah menghasilkan Dokumen KOS.

Pendampingan tersebut memotret kondisi real dari pelaksanaan IHT dan dipandang sudah melakukan beberapa langkah sesuai dengan petunjuk teknis penyusunan kurikulum dengan paradigm baru yang mengusung Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja. Dalam penyusunan Visi dan Misi sekolah tetap mempertimbangkan 8 Standar Nasional Pendidikan dengan berpedoman pada 8 Standar Nasional Pendidikan meliputi Standar Proses. Berkaitan dengan proses pelaksanaan pembelajaran.Standar Penilaian Pendidikan. Berkaitan dengan penilaian, analisis, dan evaluasi hasil belajar peserta didik.Standar Kompetensi Lulusan. Berkaitan dengan pencapaian standar, hasil belajar peserta didik. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Berkaitan dengan kualifikasi dan kompetensi tenaga pendidik. Standar Pengelolaan. Berkaitan dengan pengelolaan seluruh elemen di institusi pendidikan. Standar Pembiayaan Pendidikan. Berkaitan dengan anggaran sekolah. Standar Sarana dan Prasarana. Dengan mengacu ke Renstra baik jangka pendek, jangka menegah maupun Jangka Panjang.

Pelaksanaan pembelajaran di SMK selalu berpedoman pada Visi dan Misi sekolah di semua mata pelajaran, sehingga antara bidang saling berkesinambungan dalam mewujudkan visi dan misi sekolah, mewujudkan Visi SMKN 4 Semarang yaitu Mewujudkan Sekolah Berjiwa Pancasila Merdeka Belajar Berbudaya Kerja Industri Skala Internasional. Mengaplikasikan  materi mata pelajaran umum yang mengacu ke unikkan dan keistimewaan  SMK dengan cara breakdown ke masing-masing Program Keahlian sehingga materi pembelajaran lebih spesifik sesuai dengan program keahlian.



Baca juga di : 

https://cabdindikwil1.com ,
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd.M.Si ( Wakasek Humas dan Hubin SMKN4 Semarang )
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom ( Guru SMKN4 Semarang )

0 Comments