Berdasarkan
surat dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Nomor 3078/H4/KR.00.01/2021. Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen
Diksi) Kemendikbud Ristek melalui Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia
Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) beserta tujuh Balai/ Balai Besar di
bawah naungan Ditjen Diksi mendukung pelaksanaan Program SMK sebagai Pusat
Keunggulan (PK).
Salah satu
tugas dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang
Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI) terhadap SMK PK adalah melakukan
pendampingan implementasi pembelajaran. Pendampingan Implementasi Pembelajaran
pada SMK Pusat Keunggulan bertujuan untuk membantu secara teknis operasional
kepada SMK PK agar mampu melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan
pembelajaran paradigma baru di sekolah secara efektif dan efisien.
Sasaran
pendampingan implementasi pembelajaran pada BBPPMPV BMTI adalah 78 SMK PK yang
telah mengikuti program pelatihan komite pembelajaran dan melaksanakan IHT pada
program SMK PK.
SMKN 4
Semarang sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan (PK) dengan Kompetensi
Keahlian Teknik Pemesinan akan dilakukan pendampingan pada tanggal 24 sd 25
September 2021, bertempat di Gedung COE Teknik Pemesinan, acara dibuka dengan
menyanyikan Indonesia Raya kemudian dilanjutkan Pendampingan dengan Nara Sumber
BBPPMPV BMTI yaitu Dr. Dani Hidayatulah, SPd. MT dan Melva Ida.
Dalam
kegiatan tersebut Dr Dani Hidayatullah dari BBPPMPV BMTI menyatakan SMKN 4
Semarang telah melaksanakan proses penyusunan Kurikulum Operasional Sekolah
SMKN 4 Semarang dengan bimtek serta pembiasan Kurikulum KOS oleh 7 kelompok
komite pembelajar SMKN 4 Semarang kepada
guru SMKN 4 Semarang baik Kelompok Umum dan Kelompok Produktif selama 10 hari
dan telah menghasilkan Dokumen KOS.
Pendampingan
tersebut memotret kondisi real dari pelaksanaan IHT dan dipandang sudah
melakukan beberapa langkah sesuai dengan petunjuk teknis penyusunan kurikulum
dengan paradigm baru yang mengusung Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja.
Dalam penyusunan Visi dan Misi sekolah tetap mempertimbangkan 8 Standar
Nasional Pendidikan dengan berpedoman pada 8 Standar Nasional Pendidikan
meliputi Standar
Proses. Berkaitan dengan proses pelaksanaan pembelajaran.Standar Penilaian
Pendidikan. Berkaitan dengan penilaian, analisis, dan evaluasi hasil belajar
peserta didik.Standar Kompetensi Lulusan. Berkaitan dengan pencapaian standar,
hasil belajar peserta didik. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Berkaitan dengan kualifikasi dan kompetensi tenaga pendidik. Standar
Pengelolaan. Berkaitan dengan pengelolaan seluruh elemen di institusi
pendidikan. Standar Pembiayaan Pendidikan. Berkaitan dengan anggaran sekolah. Standar
Sarana dan Prasarana. Dengan mengacu ke Renstra baik jangka pendek, jangka
menegah maupun Jangka Panjang.
Pelaksanaan pembelajaran di SMK
selalu berpedoman pada Visi dan Misi sekolah di semua mata pelajaran, sehingga
antara bidang saling berkesinambungan dalam mewujudkan visi dan misi sekolah,
mewujudkan Visi SMKN 4 Semarang yaitu Mewujudkan Sekolah Berjiwa Pancasila
Merdeka Belajar Berbudaya Kerja Industri Skala Internasional. Mengaplikasikan materi mata pelajaran umum yang mengacu ke unikkan
dan keistimewaan SMK dengan cara
breakdown ke masing-masing Program Keahlian sehingga materi pembelajaran lebih
spesifik sesuai dengan program keahlian.
https://cabdindikwil1.com ,
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita
Penulis : Ice Faulia, S.Pd.M.Si ( Wakasek Humas dan Hubin SMKN4 Semarang )
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom ( Guru SMKN4 Semarang )