Penarikan Mahasiswa PLP Unnes 2021 Di Smk Negeri 4 Semarang “ Ukir Prestasi Tiada Henti”

 

Oleh : Ice Faulia,S,Pd,M.Si ( Guru SMKN 4 Semarang)

 

Rabu (15/09/2021) – Bertempat di Aula Sidang Atas SMKN 4 Semarang berlangsung acara  penarikan sejumlah 21 mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan UNNES secara daring dan luring. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala SMKN 4 Semarang Drs. Bambang Sujatmiko,M.Si. Koordinator Dosen PLP Dr. Nur Qudus, S.T. M.T. IPM. Koordinator Guru Pamong Koman Wastito Edi Wibowo, S.Pd, M.Si. 9 Ketua Kompetensi Keahlian dan Guru Pamong juga Koordinator Mahasiswa PLP Enggar Ardianto.

Sebagai implementasi kegiatan UNNES dan SMKN 4 Semarang telah berlangsung sejak lama dan diberbagai bidang diantaranya mendatangkan dosen UNNES sebagai nara sumber berbagai kegiatan workshop maupun seminar pendidikan,  UNNES juga sebagai salahsatu tempat pendidikan dan pelatihan juga bagi guru-guru di SMKN 4 Semarang dengan tujuan peningkatan kompetensi baik pedagogik maupun professional, juga baru-baru ini telah terjalin kerjasama dengan Lembaga Pengabdian Masyarakat UNNES dengan memberikan alat dapur pengecoran logam sebagai salahsatu media praktek dalam pemanfaatan teknologi tepat guna sebagai pembelajaran di Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan.

Adapun Program Pengenalan Lapangan Persekolahan atau yang biasa disingkat PLP merupakan suatu program pengenalan dan pengaplikasian ilmu pengetahuan yang diperoleh mahasiswa selama mahasiswa menempuh pendidikan di Universitas Negeri Semarang ( UNNES). Pelaksanaan PLP dibagi menjadi dua tahap, yaitu Tahap Observasi dan Tahap Pemagangan. PLP observasi dilaksanakan selama 8 hari dari tanggal 5 Agustus sampai 12 Agustus 2021, secara teknis observasi dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan mahasiswa pada lingkungan SMK Negeri 4 Semarang yang menjadi tempat berlangsungnya PLP.

PLP tahap pemagangan dilaksanakan dari tanggal 12 Agustus sampai 15 September 2021. Pada tahap ini, mahasiswa berkoordinasi dengan para guru pamong untuk melaksanakan PLP di kelas sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran, mahasiswa menunjukkan kreativitasnya dengan membuat perangkat pembelajaran, Untuk pembiasaan disiplin kerja mahasiswa PLP UNNES membuat jadwal piket harian di SMK Negeri 4 Semarang.

Kegiatan PLP Selama di SMK Negeri 4 Semarang, mahasiswa turut serta berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seperti pada kegiatan sosialisasi PTM, vaksinasi siswa, simulasi PTM, dan kegiatan-kegiatan lain baik yang terjadwal maupun insidental.

Saat pelaksanaan PLP, kepala sekolah serta guru dan staf TU ikut andil dalam membimbing mahasiswa pada kegiatan PLP. Mahasiswa menyusun laporan sebagai pertanggungjawaban, evaluasi, dan tindak lanjut kegiatan pelaksanaan PLP selama di SMK Negeri 4 Semarang.

Kegiatan PLP ini diharapkan dapat menjadikan  bekal bagi mahasiswa yang akan memasuki dunia  pendidikan dan menjadi seorang pendidik yang baik, serta akan menjadi jembatan hubungan yang baik antara Universitas Negeri Semarang( UNNES)  dengan SMK Negeri 4 Semarang.

 

0 Comments