Bimtek Roots menuju “Raih Prestasi Tanpa Bully” dilaksanakan di SMKN 4 Semarang “Ukir Prestasi Tanpa Henti”



Workshop Social Media Marketing Batch 4 bagi Guru SMK Pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan yang diikuti 126 peserta bertempat di Alana Hotel Solo tanggal 12 September sd 17 September 2021, kegiatan worshop ini  diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi menggandeng Dyandra Academy dengan Materi Digital Marketing Strategy dan Social Media Marketing. Program ini bertujuan untuk mendukung  peningkatan kompetensi dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan promosi sekolah dan mendukung manajemen sekolah berbasis teknologi informasi bagi SMK Pusat Keunggulan.

Materi yang diberikan dalam workshop digital marketing ini antara lain: Digital Marketing dan Content Marketing, Create Great Content, Video Marketing and Podcasting, Copywriting Bloging and SEO, Instagram, Tiktok, Website,E-mail Marketing,Google Analytics,Youtube,Facebook dan Twitter.

Secara garis besar Digital Marketing adalah tentang 3 hal yaitu Earned atau Review testimony, Comment,Mention;  Paid meliputi Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads (SEM&GDN), You Tube Ads influencers. Owned meliputi Website Social Media (Facebook,Instagram,YouTube).

Social Media yang paling diminati menurut survey adalah sebagai berikut : Youtube sebesar 88%, Facebook sebesar 82%, Instagram sebesar 79%, Twitter sebesar 58% dan Tik Tok sebesar 25%. Media Promosi Sosial Media tersebut sangat bermanfaat dalam promosi sekolah ataupun untuk pengembangan proses pembelajaran, Branding SMK sangat penting sehingga Social Media dipandang sebagai salahsatu media yang vital di era sekarang.

Menurut data jika user mengunjungi  1 kali kunjungan Youtube minimal menonton 10 Video berbeda, Youtube bukan lagi sebagai sebuah website tetapi juga sebuah industri dimana beberapa materi popular kreasi konten antara lain Music, Gaming, Kid Content, People and Personalities, Comedy, Beauty, Technology and random/weird. Strategi frekuensi posting ideal sebagai berikut postingan Engaging Videos 1x/minggu; Shareable Story 1x/hari; Visual Aesthetics 1x/hari; Music& Dance 1x/hari. Dengan saran pemanfaatan konten media 30% Edukasi,20% Promosi,20% Interaksi,20% Inspirasi,10% Emosi.

Facebook dipandang sebagai Best Practices karena pertimbangan berbagai alasan antara lain konten relevan dengan audiens, caption lebih panjang dari Instagram, Konten mengundang like/comment/share,Ada ajakan like/comment/share dalam caption, Konsiten memposting 1x per 1-2 hari, Tidak mirroring dengan konten social media lainnya, Memanfaatkan fitur Album, Like, Polling, Merespon setiap komentar yang masuk.

Media Sosial Twitter dipilih karena konten Twitter terdiri dari Edukatif, Inspirasi/Quotes, Humor/Anekdot, Meme, adapun referensi konten untuk SMK contoh konten inspiratif/quotes yang dibuat oleh akun Twitter@KamiVokasi yang juga diRetweet oleh @direktoratsmk atau contoh konten greeting/ucapan kegiatan penting. Selain itu pengguna twitter sangat loyal dan banyak dari kalangan intelektual.

Media social Tik Tok sebagai media social yang baru tetapi sangat strategis digunakan oleh user usia 12 sd 17 tahun. Media ini dapat berisi berbagai konten antara lain Tips and Trik, Testimony, Tutorial pembelajaran, maupun konten sebagai media promosi sekolah sehingga menjaring calon siswa agar tertarik dengan sekolah kita.

Linked In sebagai media social sangat penting untuk alumni yang ingin mencari kerja karena dalam aplikasi ini dapat berisi Curriculum Vitae Personal, dalam aplikasi ini sudah banyak beberapa industri sebagai user alumni sehingga aplikasi ini sangat tepat untuk pemasaran alumni dan promosi alumni.  Pemanfaatan media sosial selain sebagai media informasi sekolah yang dapat diakses stakeholder sekolah juga sebagai digital marketing sekolah era 4.0. Konten kreatif dapat dikembangkanoleh  siswa dengan gaya dan Bahasa kekinian mereka dan juga Digital Marketing dapat dikembangkan sebagai salahsatu program ekstrakurikuler sekolah sebagai wadah kreatifitas siswa.

Baca juga di : https://cabdindikwil1.com

Penulis : Ice Faulia, S.Pd.M.Si ( Wakasek Humas dan Hubin SMKN4 Semarang )
Editor : Nenden Oktafia ( Guru SMKN4 Semarang )

0 Comments