ANBK Lancar dan Terkendali di SMKN 4 Semarang “Ukir Prestasi Tiada Henti”

 


Berdasarkan Peraturan Kepala BadabStandar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan,Kebudayaan,Riset dan Teknologi Nomor: 030/H/PG.00/2021 tertanggal 9 Agustus 2021 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional TAhun 2021; Nota Dinas Plt.Kepala Dunas Penddiikan dan LKebudayaan Nomor:423.7/387 tertanggal 6 September 2021 tentang : Penyelenggaraan Asesmen Nasional Jenjang SMA/SMALB dan SMK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021; Keputusan Kepala Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 4 Semarang Nomor: 896/537/2021 tanggal 16 Agustus 2021 tentang Susunan Panitian dan Petugas Lainnya dalam Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun Pelajaran 2021/2022.

Menurut keterangan dari Wakasek  bidang kurikulum SMKN 4 Semarang, Koman wastito Edi W,S.Pd,M.Si,  Waktu Pelaksanaan kegiatan Hari Rabu dan KAmis tanggal 22 dan 23 September 2021 dibagi menjadi 2 sesi dengan rincian pelaksanaan sesi 1 dimulai pukul 07.00 sd 09.30 kelas X dengan sampling 45 siswa dan 5 cadangan. Sesi 2 jam 10.00 sd 12.30 diikuti kelas XI dengan sampling 45 siswa dan 5 siswa cadangan.

Adapun Tempat  untuk pelaskanaan ANBK yaitu terbagi menjadi 3 ruang Lab1 bertempat di Ruang KKPI dengan Proktor Suwasono S.Pd,M.Si dengan pengawas island dari SMK Palebon dengan kapasitas 15 siswa per sesi terbagi menjadi 2 sesi, sedangkan Lab 2 bertempat di Ruang 17 dengan Proktor Safrudin,S.Pd dengan pengawas silang dari SMK Yayasan Farmasi dengan kapasitas 15 siswa per sesi dan terbagi menjadi 2 sesi, Lab 3 yang bertempat di R 18 dengan proctor Irawan H dengan pengawas silang dari SMK Sepuluh Nopember dengan kapasitas 15 siswa pers sesi dan terbagi menjadi 2 sesi. Adapun SMKN 4 Semarang juga mengirimkan pengawas silang sebagai berikut Busi Ciputra S,Pd bertugas di SMK Palebon, Suhartono,S.Pdbertugas di SMK Yayasan Farmasi dan Sunarko S,Pd bertugas di SMK Sepuluh Nopember.

Drs. BAmbang Sujatmiko,M.Si selaku Kepala SMKN 4 Semarang menyatakan Siswa yang mengikuti ANBK melaksanakan dengan ketentuan menggunakan seragam sekolah, siswa datang sesuai jadwal, siswa dalam kondisi rapi sesuai tata tertib sekolah, siswa melaksanakan prosedur sesuai dengan prokes 5 M secara ketat, siswa menjaga etika,sopan santun dan tidak melakukan kegiatan yang kontra produktif, serta siswa mengisi daftar hadir dengan QR kode yang sudah disampaikan walikelas.

Asesmen Nasional  Berbasis Komputer (ANBK) adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu dengan memotret input,proses dan output pembelajaran di SMKN 4 Semarang telah berjalan lancer dan terkendali. Asesmen Nasional ini perlu dilakuakn untuk meningkatkan mutu pendidikan untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar yang menuju pada peningkatan hasil belajar siswa. Asesmen Nasional ini juga nantinya akan dilaksanakan dalam tiga insytrumen utama yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM,Literasi,Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.

Baca juga di : https://cabdindikwil1.com


Penulis : Ice Faulia, S.Pd.M.Si ( Wakasek Humas dan Hubin SMKN4 Semarang )
Editor : Nenden Oktafia ( Guru SMKN4 Semarang )

0 Comments