Maju Bersama TeFa Animasi SMK N 4 Semarang Ukir Prestasi Tiada Henti

 


TeFa atau Teaching Factory menjadi salah satu solusi pada pembelajaran di SMK. Hal ini berguna untuk membantu siswa dalam meningkatkan skill dengan adanya produksi barang secara nyata. Dengan adanya TeFa pada SMK, hal ini mendorong siswa untuk lebih meningkatkan skill dan berorientasi pada produk, sehingga siswa akan lebih terdorong untuk meningkatkan skill karena ada produk nyata yang dihasilkan.

Hal ini juga yang mendorong SMK Negeri 4 Semarang untuk mengembangkan pembelajaran berbasis TeFa, dengan harapan dapat terus meningkatkan skill siswanya. Salah satunya kompetensi keahlian Animasi. 

Teaching Factory (TeFa) adalah suatu model pembelajaran yang bernuansa industri melalui sinergi antara Sekolah dengan dunia usaha/industri dan dunia kerja (DUDIKA) untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Kepala SMK Negeri 4 Semarang, Drs. Bambang Sujatmiko, M.Si.  mengungkapkan bahwa SMKN 4 Semarang menyiapkan tenaga terampil yang bisa bekerja melanjutkan di perguruan tinggi dan berwirausaha. Hal ini yang mendorong SMK Negeri 4 Semarang untuk mengimplementasikan pembelajaran berbasis  TeFa, dengan harapan dapat terus meningkatkan skill siswanya. Dari sembilan kompetensi keahlian yang menjadi pilot project adalah kompetensi keahlian Animasi. Selain itu, lembaga ini mempunyai rencana mutu yaitu proses output, outcome. Namun, sebelumnya ada input yang merupakan proses menguatkan pendidikan karakter berbudaya kerja industri dan berwirausaha sehingga menyiapkan peserta didik siap bersaing Go Internasional.

Tefa Animasi SMK N 4 Semarang merupakan Tefa yang bergerak di bidang animasi dan menggandeng Urak Urek Studio, Digini Animasi, dll. sebagai industri pasangan untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan oleh Tefa Animasi SMKN 4 Semarang.
Tefa Animasi SMKN 4 Semarangyang dirintis mulai pada tahun 2019. Atas arahan dari Ibu Endang Budiraharjo, selaku Staf Kemendikbud untuk me-lauchingkan program Teaching Factory di setiap SMK di Indonesia, Tefa Animasi SMKN 4 Semarang resmi Launching pada tanggal 22 November 2019. Tefa Animasi SMKN 4 Semarang bergerak di bidang industri kreatif, khususnya di bidang Animasi. Urak Urek Studio, Digini Animasi sebagai Industri Pasangan membantu dalam menyiapkan peserta didik Tefa Animasi SMKN 4 Semarang agar mempunyai kompetensi di bidang Pembuatan Game Adventure, Naskah, Storyboard Artist, 3D Modelling, Texturing, Rigging, 3D Animate, Lighting, Rendering dan Compositing.


Salah satu andalan hasil karya siswa adalah film animasi “Super Kepo” yang menggambarkan pahlawan super Semarang yang terinspirasi dari hewan ikonik khas Jawa Tengah yaitu Kepodang. Selain itu, Urak Urek Studio, Digini Animasi juga melibatkan siswa/i Tefa Animasi SMKN 4 Semarang dalam pembuatan proyek yang digarap oleh perusahaan tersebut. Hal ini bertujuan agar kompetensi peserta didik Tefa Animasi SMKN 4 Semarang sudah sesuai dengan kebutuhan dunia kerja khususnya di bidang animasi.

Penulis : Eka Ida Aprijanti, S.Pd., Guru SMKN 4 Semarang

0 Comments