Bersama COE Kita Ukir Prestasi Tiada Henti

 




SMK N 4 SEMARANG – Center Of Excellence (COE) prioritas sektor pemesinan dan konstruksi merupakan salah satu program pengembangan pusat keunggulan bagi SMK yang mampu menginspirasi, membantu dan melatih SMK untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dalam rangka mewujudkan amanat tujuan pendidikan kejuruan, salah satu strategi yang akan dilaksanakan oleh Direktorat SMK adalah fokus pada peningkatan kualitas pendidikan SMK sebagai pusat keunggulan (Center of Excellence) yang nantinya dapat menjadi Sekolah Penggerak yang mampu mendemonstrasikan kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership) terutama dari kepala sekolah beserta guru di dalamnya. 


 

Program kegiatan SMK COE mempunyai tujuan untuk meningkatkan layanan SMK baik berupa pemenuhan infrastruktur, alat pembelajaran dan meningkatkan softskill serta attitude siswa. Pemerintah melalui Dirjen Vokasi menggelontorkan program COE untuk menepis keprihatinan tentang attitude. Selain itu, Program COE juga bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja terampil yang memiliki kemampuan sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan persyaratan lapangan kerja, serta mampu mengembangkan potensi dirinya dalam mengadopsi dan beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

 

SMK Negeri 4 Semarang merupakan salah satu sekolah yang menjadi sekolah pusat keunggulan kompetensi keahlian Teknik Pemesinan untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa yang tentu saja membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung terlaksananya kegiatan pembelajaran bermutu diikuti dengan tercapainya kompetensi peserta didik dan pendidik. Di samping itu, SMK Negeri 4 Semarang juga diharapkan mampu menjadi SMK rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. Program COE yang dilaksanakan di SMK Negeri 4 Semarang adalah kompetensi keahlian Pemesinan. Salah satu sarana yang telah terwujud dalam mendukung program COE adalah Pembangunan Gedung CoE Teknik Pemesinan dilaksanakan di Kampus SMK Negeri 4 Semarang, yang terletak di jalan Pandanaran II No. 7 Semarang.

Kepala SMK Negeri 4 Semarang, Drs. Bambang Sujatmiko, M.Si. mengatakan bahwa SMK Negeri 4 Semarang mempunyai pusat keunggulan yaitu kompetensi keahlian Teknik Pemesinan yang memiliki beberapa fasilitas ruang praktik siswa  yaitu mesin CNC, mesin press, mesin bubut, kerja bangku, gambar, dan komputer. Selain itu, ada ruang penunjang lain sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar dan keperluan umum seperti ruang teori, ruang ganti, dan toilet. Harapan kepala sekolah dengan amanah yang diberikan pemerintah dengan bantuan SMK COE Teknik Pemesinan, dapat meningkatkan mutu pendidikan sesuai yang diharapkan oleh DUDIKA dan meningkatkan keterserapan tamatan/lulusan.

 

SMK N 4 SEMARANG

UKIR PRESTASI TIADA HENTI

 

Penulis : Eka Ida Aprijanti, S.Pd., Guru SMKN 4 Semarang

0 Comments