JURNAL INTELECTUAL PROPERTY (IP) BIBLE KARAKTER KEPO



Indonesia adalah negara yang luas, kaya akan spesies burungnya seperti Kepodang, satu jenis burung pengicau (passeriformes) berukuran sedang (± 26 cm) dari genus oriolus yang berasal dari daratan China.

Karakter burung Kepodang ini jarang yang digunakan sebagai karakter utama dalam sebuah cerita animasi. Program KeahlianAnimasi SMK Negeri 4 Semarang mencoba membuat karakter kartun yang terinspirasi dari burung yang nota benetermasukikon Jawa Tengah.

Metode yang digunakan adalah studi pustaka yang mengacu pada referensi buku maupun sumber digital lainnya berupajurnal ilmiah, artikel maupun laman pada website. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana objek yang dikaji dan dianalisis adalah sebuah mediailustrasi. 

Oleh karenanya, penelitian ini membahas penciptaan karakter ilustrasi sebagai bagian dari upaya pelestarian budaya dan sejarah. 

Objek penelitian ini ialah burung khas Jawa Tengah, yaitu Kepodang yang divisualisasikan dengan atribut yang mengadopsi dari karakter Gathotkaca melalui mediailustrasi sehingga sehingga menciptakan sebuah ilustrasi dengan gagasan baru dan organik.

Adapun metode pengumpulan data yang diperoleh ini merupakan hasil hipotesis dan pengembangan ide dari sumber-sumber yang sudah ada.

Hasil penciptaan ilustrasi sebagai ikon program keahlian Animasi SMK Negeri 4 Semarang ini tidak hanya mengedepanka nunsur keindahan semata, tetapi lebih mengedepankan upaya pelestarian keanekaragaman fauna, sejarah dan kebudayaan yang dikemas menggunakan strategi kreatif melalui media ilustrasi.

Untuk lebih detail mengenai visualisasi dan penjelasan hasil penelitian dan karya silahkan dilihat dalam jurnal kami di link di bawah ini

JURNAL INTELECTUAL PROPERTY (IP) BIBLE KARAKTER KEPO