RAIH JUARA 1 LKS INDUSTRIAL CONTROL, SMK 4 MAJU TINGKAT PROVINSI

LKS Tingkat Kota Semarang bertujuan menyaring siswa yang kompeten di bidang industrial control yang akan mewakili kota semarang untuk maju ke tingkat propinsi.

SMKN 4 Semarang ditunjuk sebagai penyelenggara mata lomba Industrial Control. Adapun Materi lomba untuk tahun 2017 adalah “Sistem Kontrol Lift 3 Lantai dilengkapi dengan Break,Acceleration,Declaration”. Diharapkan dari lomba tersebut siswa mampu mendesain, merancang dan mengoperasikan sehingga siswa dapat berkreasi  kebebasan mendesain panel , serta tidak menghilangkan kaidah kaidah yang ada.

Adapun peserta pada saat lomba sejumlah 6 peserta yaitu :
1.      SMKN 4 Semarang an. Deni Wahyu Reza Putra dengan pembimbing Sunarko,S.Pd
2.       SMKN Jateng a.n. Ferian Wahyu Maulana dengan pembimbing Bahgya Majuta,S.Pd
3.       SMKN 1 Semarang a.n. Yoga Dwi Ananto dengan pembimbing Budi Kustantomo,S.Pd
4.       SMK Nurul Barqi a.n. Muhammad Idris dengan pembimbing Ari Suwasana,ST
5.       SMKN 7 Semarang a.n. Nuruddin Fakhri dengan pembimbing Drs.I Komang Sumardika
6.       SMK IPT Karang Panas a.n. Sutan Agfardhan dengan pembimbing Paulus Endrawan S.Pd


Foto bersama Peserta,Pembimbing , Juri dan Panitia
Sedangkan susunan panitia sebagai berikut :
1.       Penanggung Jawab : Drs. Felik Yuniarto,MM
2.       Ketua Pelaksana : Ice Faulia S.Pd,M.Si
3.       Juri 1 : Sariyono,A.Md dari CV Air Hydraumatic Semarang
4.       Juri 2 : Ariesta Adhitama dari CV Ariesta Adhitama Enginering Semarang

Lingkup pekerjaaan peserta lomba antara lain: Peserta merencanakan dan mempraktekkan sesuai job kerja yang diberikan dan penilaian hasil hanya berdasarkan hasil pekerjaan. Dengan penilaian sbb : Kebersihan (5%), Ketepatan dan penggunaan komponen berdasarkan standarisasi (30%), fungsi hasil pekerjaan (60%), Ketepatan Waktu (5%).
Foto Pengarahan dari Dewan Juri tentang Ketentuan Pelaksanaan Lomba 
Adapun deskripsi perlombaan sebagai berikut : maksimum pekerjaan 15 jam, setiap peserta menggunakan komponen yang ditentukan, peserta menyediakan sendiri komponen yang dibutuhkan, peserta wajib memastikan kelayakan dan fungsi komponen, tidak ada penambahan waktu dalam hal apapun, peserta dilarang berkomunikasi dengan peserta lain ataupun pembimbing, tidak diperbolehkan penggantian komponen dari luar area lomba, peserta tidak diijinkan bekerja diluar waktu yang ditentukan, peserta wajib menjaga kebersihan dan kerapihan tempat lomba.

Schedulle Acara pada hari pertama tagl 8 september 2017 antara lain : Perancangan Box panel, Pengerjaan Mekanik, Instalasi Penempatan komponen sedangkan hari ke 2 tanggal 9 september antara lain : Pemrograman dan Uji Rangkaian serta K3.
 
Foto Pemenang Lomba dan Juri
Dari hasil lomba diperoleh laporan sebagai berikut :
1.       Juara 1 dari SMKN 4 Semarang an. Deni Wahyu Reza Putra dengan nilai 94
2.       Juara 2 dari SMK Jateng a.n. Ferian Wahyu Maulana dengan nilai 86
3.       Juara 3 dari SMK IPT Karang Panas a.n. Sutan Agfardhan dengan nilai 78

Dengan data perolehan nilai tersebut maka ditetapkan yang berhak mewakili untuk LKS Tingkat Propinsi untuk mata lomba Industrial Control adalah Deni Wahyu Reza dari SMKN 4 Semarang peserta kelahiran Semarang 2 April 2000 dari kompetensi keahlian teknik elektronika industri yang beralamat di jalan Borobudur Timur VIII/A.3 RT 3 RW 8 Kel KembangArum Semarang telah mengharumkan nama SMKN 4 Semarang dan  menjadi wakil dari semarang untuk mewakili lomba LKS di tingkat Propinsi.



-Ice Faulia-