Lokakarya 4 PGP Angkatan 7 Kota Semarang Sebarkan Virus Coaching dalam Supervisi Akademik

Lokakarya 4 Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 7 telah sampai pada kegiatan Penguatan Praktik Coaching, Kegiatan Lokakarya dilaksanakan pada tanggal 8 sd 9 April 2023 sesuai daerah Kab/Kota Masing-masing. Lokakarya 4 secara spesifik bertujuan agar Calon Guru Penggerak (CGP) mampu menunjukkan kemampuan coaching yang dimiliki, CGP mampu mengidentifikasikan kekuatan, area, pengembangan dan menyusun rencana perbaikan dalam proses pembelajaran yang berpihak pada murid, serta CGP mampu menunjukkan kemampuan melakukan rangkaian supervisi akademis yang menggunakan pola piker coaching.


Jumlah CGP Angkatan 7 Kota Semarang yang berjumlah 121 orang dari total 3996 CGP serta jumlah PP sebanyak 24 dari total 673 se Propinsi Jawa Tengah berlangsung menyenangkan dengan saling sharing serta berbagi praktik baik tentang tantangan yang terjadi dimasing-masing sekolah ataupun studi kasus tentang praktek coaching. Inti dari kegiatan tersebut adalah CGP mampu menggali potensi dalam proses coaching. Struktur Program dalam Lokakarya Angkatan 7 dengan waktu 8 jam pelajaran membahas materi antaralain: Review Materi dan Refleksi Pengalaman Coaching, melakukan Praktik Coaching, Umpan Balik Praktik Coaching, serta Praktik Rangkaian Supervisi Akademik dengan pola piker coaching

Acara dihari minggu ceria yang bertepatan dengan kegiatan puasa Ramadhan tidak mengurangi semangat para CGP sebagai Calon Pemimpin Pembelajaran serta bimbingan dari PP yang selalu bersemangat dalam memotivasi CGP, memfokuskan pada aktifitas berbagi praktek baik serta konsisten dalam Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan baik bagi individu maupun komunitas serta dinas terkait. Pembiasaan melakukan coaching sebagai salahsatu metode supervise akademis sebagai bentuk sebaran virus positif dalam kegiatan Praktik Coaching ini diharapkan mampu pondasi lebih kokoh lagi bagi dunia pendidikan.



0 Comments