SMKN 4 Semarang “ Ukir Prestasi Tiada Henti” Perdana gunakan Simulasi PTM

 

Oleh : Ice Faulia,S.Pd,M,Si

 

Merujuk pada Pedoman Persiapan dan Pelaksanaan Simulasi Pembelajaran Tatapmuka dan Pembelajaran Tatap muka terbatas nomor 420/0011645 tertanggal 25 Agustus 2021  dan Surat dari Cabdin Wilayah 1 Nomor 421/2820 tanggal 28 Agustus 2021 tentang Penetapan Sekolah Pelaksanaan Simulasi PTM maka SMKN 4 Semarang sebagai salahsatu yang diusulkan untuk  Simulasi PTM selama 10 hari mulai tanggal 6 September 2021 sd 14 September 2020. SMKN 4 Semarang sebagai salahsatu satuan pendidikan di wilayah Cabang Dinas Wilayah 1 dan telah memenuhi persyaratan penyelenggaraan Simulasi PTM antara lain : telah memenuhi 100% indikator penerapan protokol kegiatan, telah memperoleh penilaian daftar periksa kesiapan satuan pendidikan olehTim verifikasi, mendapatkan ijin dari orang tua/wali murid dan komite satuan pendidikan, mendapat ijin dari gugus tugas covet 19 kabupaten kota dan mendapatkan ijin dari Gubernur atau Bupati/Walikota cq. Kepala Dinas Pendidikan/kemenag sesuai dengan kewenangannya.

Pelaksanaan  Simulasi PTM dilaksanakan oleh 9 program keahlian dengan total peserta 102 siswa  dilaksanakan 2 shift yaitu shift 1 pukul 07.30 sd 09.30  dikuti oleh 4 program keahlian  yaitu DPIB,TKRO,TITL,Animasi dan shif 2 pukul 08.00 sd 10.00 diikuti oleh 5 program keahlian antara lain TP,TBSM,TEI,TAV,MMD. Pengaturan jarak tempat duduk, pemasangan KIE Covid 19 dan poster.

Kelengkapan sarana dan prasarana antara lain rruang UKS,Thermogun, Handsanitizer, Persediaan masker, cairan disinfektan, tempat cuci tangan dan tempat isolasi sementara dan juga pembagian tugas tim gugus covid di setiap titik tugas telah dilakukan mulai dari drop off siswa ketika memasuki gerbang pengecekan QR code siswa sebagai presensi awal  simulasi PTM, pengecekan  suhu, CTPS, KIE Sosialisasi Covit 19, serta rambu-rambu sudah terpasang sehingga memudahkan siswa agar pelaksnaan berjalan, tahapan  pemberitahuan ke siswa serta sosialisasi program simulasi PTM telah dilakukan oleh SMKN 4 Semarang.

Persiapan dikelas meliputi 9 program keahlian telah dilaksanakan sesuai dengan pedoman yang ada, dengan materi antara lain pemantapan profil pelajar Pancasila, pembentukan karakter budaya kerja industri, pembentukan attitude siswa dan juga program project based learning 9 kompetensi keahlian.

Hari ke-1 berjalan lancar sesuai dengan pedoman penyelenggaraan Simulasi PTM dan telah ditinjau langsung oleh Tim Monitoring Cabang Dinas Wilayah 1 sesuai dengan surat perintah tugas nomor 094/2817 tanggal 26 Agustus 2021. Drs.Bambang Sujatmiko,M.Si selaku Kepala SMKN 4 Semarang mengucapkan terima kasih atas kinerja Tim Gugus Covit atas pelaksanaan Simulasi PTM dihari pertama ini, Beliau juga menegaskan agar tetap mematuhi Prokes secara ketat dan selalu membiasakan warga sekolah mematuhi 5M dan menjadikan sebagai suatu kebiasaan baru dan praktek baik sebagai usaha akselerasi agar wabah segera berakhir. Penyampaian materi  Profil Pelajar Pancasila di hari ke-1 ini diharapkan terbentuk generasi yang Pancasila dan selalu menjunjung tinggi falsafah negara dan juga pembentukan karakter siswa yang mencerminkan budaya santun dan beretika. Pengembangan kepribadian siswa pada ranah  kreatifitas sehingga bernilai positif sebagai katalisator pembentukan generasi yang unggul, mandiri dan berakhlak serta berperilaku sesuai dengan  6 dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila. Wujudkan Generasi Pancasila sebagai kewajiban warga Negara secara aktif dan produktif akan menguatkan SMK sebagai Vokasi menuju SMK BIsa era Revolusi 4,0.

0 Comments