• SISWA SMK 4 LATIHAN BIKIN KORAN

    Koran buatan siswa SMK N 4 Semarang
    SEMARANG SELATAN- Pelatihan wartawan digelar Suara Merdeka bertempat di Kantor Redaksi Suara Merdeka Jalan Pandanaran II No 10, Mugassari, Semarang Selatan, berlangsung gayeng, Jumat (26/1).
    Kegiatan yang diikuti 27 siswa didampingi enam guru tersebut merupakan kelanjutan kegiatan sosialisasi kegiatan ”Rubrik Koran Sekolah” pada Sabtu (20/1) lalu. Kedua puluh tujuh siswa tersebut perwakilan dari delapan sekolah, yakni MAN 1 Semarang, SMANasima, SMK 8 Semarang, SMA1 Semarang, SMA4 Semarang, SMK 4 Semarang, SMK 7 Semarang, dan SMA2 Semarang.
    Pelatihan wartawan diisi materi penulisan kreatif, tata wajah, dan penulisan berita. “Di setiap diri anak ada hal-hal kreatif yang bisa diungkapkan. Kami mencoba membangkitkan apa yang sebenarnya mereka miliki,” kata Redaktur Pelaksana Suara Merdeka, Triyanto Triwikromo saat itu mengisi materi penulisan kreatif, kemarin.
    Ia mengemukakan, materi yang disampaikan itu bertujuan untuk memancing kreativitas anak. Para peserta diminta untuk berlatih membuat cerita dan dituangkan dalam 10 kalimat dengan memanfaatkan apa yang dapat diserap oleh panca indra. Tak hanya indra penglihatan, tetapi juga penciuman, penglihatan, pengecap, dan peraba. “Kami mengajak anak-anak muda, khususnya siswa SMA berproses, mereka bisa melakukan halhal positif dengan mengembangkan potensi yang ada pada dirinya,” imbuhnya.
    Adapun materi tata wajah diisi oleh Kepala Pracetak, Putut Wahyu Widodo. Ia mengenalkan tata wajah dalam surat kabar, khususnya Suara Merdeka. “Nantinya, untuk rubrik khusus remaja ini, tata wajah dan warnanya disesuaikan dengan usia mereka. Bisa saja menggunakan warnawarna cerah sehingga dapat menarik para pembaca,” ujar Putut.
    Sementara itu, Redaktur Pelaksana Suara Merdeka, Saroni Asikin mengisi materi penulisan berita. Pada sesi ini, anak-anak diajak untuk mengetahui seluk-beluk cara menulis berita yang berbeda dengan tulisan kreatif. Koran sekolah khusus remaja ”Eksis” akan mengisi halaman 16 Suara Merdeka, dan berisi enam rubrik, yakni Aksi Genz, Hero Kita, Warta Anget, Zona Seni, #NarsisNih, serta Bahasa Cah Eksis. Mengusung nama “Eksis” (Ekspresi Siswa), rubrik-rubrik yang ada di dalamnya dibuat oleh para siswa SMAdan dibaca oleh kalangan sebaya mereka. Rencananya, rubrik-rubrik tersebut akan terbit perdana pada Sabtu (10/2) mendatang, mengisi halaman panggung.(res-57)

    Sumber: suaramerdeka.com
  • Powered by Blogger.