SMKN 4 Semarang Implementasikan P5BK

 


Mengutip dari
Filosofi Pendidikan “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang
kompeten, berkarakter dan berperilaku sesuai dengan nilai Pancasila”. Guna
mewujudkan  Indonesia maju yang
berdaulat. mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Profil  Pelajar Pancasila.



SMKN 4 Semarang
“ Ukir Prestasi Tiada Henti” melakukan gerak cepat dengan mensosialisasilan
P5BK pada tanggal 5 Oktober 2021 bertempat di Aula SMKN 4 Semarang. Dengan
menerapkan 6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila diantaranya Beriman, Bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berkebinekaan Global, Bergotongroyong, Mandiri, Bernalar
Kritis dan Kreatif. Dimensi 1 PPP, Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
dan Berakhlak Mulia,  terdiri dari 5 komponen
yaitu Akhlak Beragama, Akhlak Pribadi,  Akhlak Kepada Manusia, Akhlak kepada Alam,
Akhlak bernegara, Dimensi 2 PPP, Berkebinekaan Global terdiri dari  3 komponen yaitu Mengenal dan menghargai
budaya, Kemampuan Komunikasi Intercultural dalam berinteraksi dengan sesama,
Refleksi dan tanggungjawab terhadap pengalaman kebhinekaan, Dimensi 3 PPP, Gotong
Royong terdiri dari 3 komponen yaitu Kolaborasi, Kepedulian, Berbagi ;Dimensi 4
PPP, Mandiri,terdiri dari 2 komponen yaitu Kesadaran akan diri dan situasi yang
dihadapi, Regulasi Diri; Dimensi 5 PPP, Bernalar Kritis terdiri dari  4 komponen yaitu Memperoleh dan Memproses
informasi dan Gagasan, Menganalisis dan mengevaluasi penalaran, Merefleksikan
pemikiran dan proses berpikir, Mengambil Keputusan dan Dimensi 6 PPP, Kreatif terdiri
dari 2 komponen yaitu Menghasilkan Gagasan yang Orisional, Menghasilkan Karya
dan Tindakan yang Orisinal.



Penanaman
dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila akan dilakukan melalui projek yang
mengacu pada tema-tema isu prioritas pada peta jalan Pendidikan Nasional
2020-2035 dan kebutuhan dunia kerja. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi
terhadap permasalahan dilingkungan sekitar melalui projek.



Dengan tetap
menerapkan prinsip pengembangan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan
budaya kerja antara lain: berpusat pada peserta didik, holistic, kontekstual, eksploratif,
dengan tujuan P5BK antara lain selain menanmkan karakter Profil Pelajar
Pancasila juga memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam
situasi tidak normal,struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang
lebih interaktif, dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk
menguatkan berbagai kompetensi.



Adapun tema P5BK
antara lain: Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Bhinneka Tunggal Ika, Bangunlah
Jiwa dan Raganya,Suara Demokrasi,Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun
NKRI, Kewirausahaan,Kebekerjaan dan Budaya Kerja.



Dalam
Sosialisasi P5BK Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Koman Wasito Edi Wibowo
dan Koordinator P5BK  Sunarko,S.Pd serta
Ketua Tim GSM Kholik,S.Pd menjelaskan tentang assesmen individual peserta didik
yaitu assesmen  berupa catatan
deskriptif, catatan proses cukup satu paragraph singkat, menggambarkan proses
yang saling berkembang dan proses yang masih mendapatkan perhatian, hal lain
yang dijelaskan oleh Tim P5BK adalah rubrik penilaian membangun mimpi, vision
dan passion peserta didik SMK mencakup dimensi Mandiri dan bernalar kritis
dengan kriteria belum berkembang (<30%), Mulai berkembang
(30->60%),Berkembang sesuai harapan (60%-<90%) dan Sangat Berkembang
>90%), Dimensi Kreatif dengan kriteria Belum berkembang (satu ide), Mulai
Berkembang (beberapa ide), Berkembang sesuai harapan (banyak ide dan bisa
mengembangkan satu ide), Sangat Berkembang (ide yang berbeda), juga Lembar
Refleksi membangun mimpi, vision dan passion peserta didik. Adapun contoh
proyek budaya kerja misalnya Penerapan 5R.


Baca juga di :

https://cabdindikwil1.com
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SmKn4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom