• UNBK SMK 4 BERLANGSUNG LANCAR



    SEMARANG- Banyaknya peserta ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMK dan minimnya ketersediaan komputer, membuat sejumlah sekolah menggelar ujian sampai tiga sesi. Dengan demikian, pelaksanaan tes menjadi lebih panjang, hingga sore hari. Hal itu seperti di SMK 4 yang menggelar pelaksanaan ujian hingga selesai pukul 16.00. Kepala Sekolah, Felix Yuniarto mengatakan, sudah dua tahun ini pihaknya menggelar UNBK SMK selama tiga sesi.
    Hal tersebut karena jumlah siswa SMK yang banyak, sementara sekolahnya hanya memiliki tujuh laboratorium komputer dengan jumlah sebanyak 240 unit. ”Kami menggelar UNBK selama tiga sesi dari pagi hingga sore. Sebab, peserta yang mengikuti UNBK di sekolah ini, 558 siswa. Mereka terdiri atas 550 siswa SMK 4 Semarang dari sembilan bidang kompetensi keahlian dan delapan siswa SMK Veteran yang menginduk sekolah kami,” jelasnya.
    Jumlah tersebut jika dibandingkan ketersediaan komputer mengharuskan UNBK digelar beberapa sesi. Kendati demikian UNBK tetap lancar. Masing-masing siswa mendapatkan waktu selama dua jam. Hanya saja mulainya berbeda, sesi I masuk pagi pukul 7.30-9.30, sesi II pukul 10.30-12.30, dan sesi terakhir pukul 14.00-16.00. ”Siswa juga dijadwalkan masuk sesuai dengan sesi yang telah dibagi, sehingga jika masuk siang, pagi mereka bisa beristirahat dulu di rumah dan berangkat ke sekolah siangnya. Dengan begitu mereka tidak menunggu terlalu lama di sekolah sehingga bisa fresh saat mengerjakan UNBK dan tidak mengantuk,” jelasnya.
    Terkait panjangnya waktu pelaksanaan UNBK, Felik juga menyiagakan tiga teknisi komputer serta genset 50 KVA. Hal itu untuk menyiasati jika terjadi pemadaman listrik. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, Gatot Bambang Hastowo, memastikan pihaknya akan mengevaluasi seluruh kegiatan UNBK SMK yang sudah berjalan beberapa hari ini. ”Harapannya pelaksanaan UNBK berjalan kian baik,” katanya.(H55, H41-22)

    Sumber: www.suaramerdeka.com
  • Powered by Blogger.